Universitas Indonesia

Demos Karubaba Mahasiswa Asal Manokwari Bangga Diterima di Jurusan Hubungan Internasional FISIP UI

Proses pembelajaran diIndonesia saat ini, semakin berpihak kepada murid dan memerdekakan guru untuk berkreasi dalam mengajar melalui Kurikulum Merdeka

Editor: Umar Widodo
Dok.Universitas Indonesia
Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D. memberikan ucapan selamat ke Demos Yovano Mansayori Karubaba mahasiswa baru asal Manokwari, Papua yang diterima menjadi mahasiswa jurusan Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UI. 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, DEPOK - Dengan semangat “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, Universitas Indonesia (UI) mengadakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Rotunda UI pada Rabu (17/8/2022).

Upacara ini diikuti oleh perwakilan sivitas akademika yang terdiri dari para pimpinan, dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan. Bertindak selaku pembina upacara pada peringatan tersebut adalah Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Ari membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A., tentang kolaborasi global dalam meningkatkan kualitas pendidikan guna mendukung Presidensi G20.

Proses pembelajaran di Indonesia saat ini, semakin berpihak kepada murid dan memerdekakan guru untuk berkreasi dalam mengajar melalui Kurikulum Merdeka dan platform Merdeka Mengajar.

Upaya memperluas akses pendidikan yang berkualitas juga dilakukan melalui mekanisme Bantuan Operasional Sekolah dan berbagai program beasiswa agar peserta didik yang memiliki keterbatasan finansial dapat tetap mengakses pendidikan.

Ini dilakukan oleh Kemendikbudristek sebagai upaya untuk menyiapkan generasi muda Indonesia yang terlatih dengan dunia kerja dan kehidupan bermasyarakat yang bekalnya diperoleh dalam program Kampus Merdeka.

Di sektor kebudayaan, Kemendikbudristek dalam forum G20 mendorong negara-negara di dunia untuk menghadirkan dukungan pendanaan bagi seniman dan pelaku budaya agar dapat kembali menginspirasi dengan karya-karya terbaiknya, khususnya pada masa pascapandemi.

Inisiatif ini adalah kelanjutan dari terobosan dana abadi kebudayaan dan kanal budaya pertama di Indonesia yang telah diluncurkan dan memberikan banyak manfaat bagi para penggerak budaya.

“Hal-hal yang disebutkan tadi barulah sebagian kecil dari terobosan Merdeka Belajar yang sekarang sudah mencapai 21 episode. Masih banyak episode Merdeka Belajar yang akan kami luncurkan, sampai semua anak di seluruh Indonesia merasakan kemerdekaan yang sebenarnya, yaitu belajar dengan bahagia, berkarya tanpa hambatan, berlari menuju masa depan dengan penuh keberanian sebagai Pelajar Pancasila,” kata Prof. Ari mengutip pernyataan Nadiem.

Kemerdekaan dalam mengakses pendidikan ini salah satunya dirasakan oleh mahasiswa baru UI yang berasal dari Kota Manokwari, Papua Barat.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved