Berita UI

Fakultas Farmasi Universitas Indonesia UI Periksa Kesehatan dan Edukasi Warga Sasak Panjang Bogor

Periksa kesehatan dan edukasi warga Sasak Panjang Bogor. Hal itu dilakukan Fakultas Farmasi Universitas Indonesia UI.

Penulis: dodi hasanuddin | Editor: dodi hasanuddin
Dok. Humas dan KIP UI
Fakultas Farmasi Universitas Indonesia UI Periksa Kesehatan dan Edukasi Warga Sasak Panjang Bogor 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, BOJONGGEDE - Fakultas Farmasi Universitas Indonesia UI Periksa kesehatan dan edukasi warga Sasak Panjang, Kabupaten Bogor.

Bermanfaat bagi sesama. Itulah yang dilakukan Fakultas Farmasi Universitas Indonesia UI kepada warga Sasak Panjang, Kecamatan Tajur Halang, Kabupaten Bogor.

Fakultas Farmasi Universitas Indonesia atau FFUI melakukan pemeriksaan kesehatan dan penyuluhan kesehatan kepada warga Sasak Panjang.

Baca juga: Universitas Indonesia Terima 5.299 Mahasiswa Baru di Simak UI 2022, Kedokteran dan Hukum Terfavorit

Sebab, pemeriksaan kesehatan tersebut dilakukan lantaran gaya hidup dapat berpengaruh terhadap tingginya tingkat prevalensi Penyakit Tidak Menular (PTM).

Yakni penyakit katastropik dengan penyebab kematian tertinggi di Indonesia.

Penyakit katastropik merupakan penyakit yang dapat di kategorikan parah yang membutuhkan perawatan, baik itu rawat inap maupun perawatan pemulihan yang berkepanjangan.

Penyakit katastropik contohnya antara lain seperti leukemia, thalassemia, hemophilia, serangan jantung atau stroke, hipertensi, penyakit pembuluh darah (arteriosklerosis), diabetes mellitus, ginjal dan kanker 

Penyakit yang termasuk dalam kategori PTM adalah jantung koroner, kanker, hipertensi, hiperkolesterol, diabetes militus, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), serta gangguan akibat kecelakaan dan tindak kekerasan.

Selain itu juga, perkembangan PTM di Indonesia kian mengkhawatirkan, diikuti dengan pergerseran pola penyakit, menggerakkan Universitas Indonesia (UI) melalui Fakultas Farmasi UI melakukan Pengabdian Masyarakat (pengmas).

Pengabdian masyarakat itu berupa penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan kepada warga Desa Sasak Panjang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pada kegiatan pengmas tersebut, FF UI berkolaborasi dengan Klinik Satelit Makara UI melakukan pemeriksaan tekanan darah, gula darah, kolesterol, dan asam urat kepada kurang lebih 100 orang warga Desa Sasak Panjang.

Fakultas Farmasi UI Bersama Klinik Makara UI periksa kesehatan warga Sasak Panjang, Tajur Halang, Kabupaten Bogor.
Fakultas Farmasi UI Bersama Klinik Makara UI periksa kesehatan warga Sasak Panjang, Tajur Halang, Kabupaten Bogor. (Dok. Humas dan KIP UI)

Dalam pelaksanaannya, acara yang dilakukan pada Rabu (29/6) ini dilakukan oleh dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa serta dibantu oleh Human Initiative.

Dekan FFUI, Prof. Dr. apt. Arry Yanuar berharap agar pemeriksaan kesehatan dan penyuluhan dapat menyadarkan warga akan pentingnya menjaga kesehatan.

“Kami berharap acara pengabdian masyarakat ini dapat meningkatkan kesadaran para warga di sini untuk selalu menjaga kesehatan dan menjaga pola hidup yang baik untuk menghindari penyakit degeneratif dengan melakukan pemantauan rutin," ujarnya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved