Berita Nasional

Kemendagri Beberkan Strategi Umum Penanganan PMK pada Hewan Ternak, Berikut Langkah-langkahnya

Kemendagri Beberkan Strategi Umum Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada Hewan Ternak. Berikut Selengkapnya

Editor: Dwi Rizki
Wartakotalive.com/Cahya Nugraha
Suasana vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang digelar Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bogor 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, JAKARTA - Direktur Jenderal Administrasi Kewilayahan Kemendagri Republik Indonesia, Dr Drs Safrizal ZA MSi membeberkan strategi penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak.

 

Hal tersebut diungkapkan melalui diskusi daring bertajuk 'Sosialisasi Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Kepada Camat Seluruh Indonesia' secara virtual pada Jumat (8/7/2022). 

 

"Kemampuan para camat, kepala desa dan lurah pada tahapan atau langkah-langkah yang harus dikerjakan yakni pertama, terkait pencegahan perlu mengetahui mendeteksi sapi yang positif. Kalau manusia kan perlu tes PCR Antigen atau beberapa jenis tes yang lain," ungkap Safrizal.

"Tetapi, untuk tes Covid-19 yang kemarin, alat tes di kita baik pas tes PCR maupun tes Antigen masih bisa digunakan terhadap sapi yang positif," paparnya.

Dirinya meminta pemerintah daerah untuk melakukan antigen ataupun swab PCR untuk mencegah penyebaran PMK.

"Ini untuk menentukan wilayah tersebut sudah terpapar belum? kalau belum tindakannya seperti apa? Kalau sudah tindakannya bagaimana? Oleh karenanya perlu di lakukan tes terutama di daerah-daerah peternakan sapi," ucapnya.

"Tes ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Kecuali, untuk tes Covid-19 harus dengan tenaga medis. Jadi, lebih mudah," tambah dia.

 

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved