Berita Universitas Indonesia

Pekan Depan Uji Sertifikat, Bus Listrik Buatan Universitas Indonesia Segera Mengaspal

Menjadi bus pertama yang dihasilkan universitas dan akan lolos sertifikat uji tipe, sehingga bisa dipakai di jalan raya

TribunnewsDepok.com/Vini Rizki Amelia
bus listrik buatan Universitas Indonesia yang akan digunakan dalam perhelatan Indonesia G20 Presidency yang penyerahannya dilakukan simbolis oleh Rektor UI Prof. Ari Kuncoro kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Kampus UI Depok, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jumat (10/6/2022). 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, BEJI - Setelah sukses membuat bus listrik pertamanya, Wakil Rektor Universitas Indonesia Bidang Riset dan Inovasi drg. Nurtami, Ph.D., Sp, OF(K) mengatakan, untuk memerbanyak produksi bus listrik ini ada beberapa tantangan yang harus dilalui.

“Tantangannya untuk inventor dan ekosistem riset yakni bagaimana kita bisa memasarkan bus ini. Jadi, harus mencari buyer (pembeli), nah di sinilah endorsement (dukungan) pemerintah atau penta helix berperan,” papar Nurtami dalam bincang-bincang dengan TribunnewsDepok.com dalam program Depok Hari Ini, Jumat (10/6/2022).

Direktur Inovasi dan Science Techno Park UI Ahmad Gamal, S.Ars., M.Si., M.U.P., Ph.D mengaku pada 15 Juni mendatang, bus listrik karya anak bangsa ini akan melewati tahap uji sertifikat.

“Insya Allah ini akan jadi bus pertama yang dihasilkan universitas yang akan lolos sertifikat uji tipe, sehingga bisa dipakai di jalan raya,” tutur Gamal dalam kesempatan yang sama.

 

Simak video terkait berikut ini:

Suksesnya menghasilkan karya dalam negeri melalui bus listrik low deck ini, Gamal mengatakan pihaknya juga siap untuk menghasilkan karya lain berupa bus tingkat bertenaga listrik.

Sebab, lanjut Gamal, yang paling sulit dalam pembuatan bus adalah bagian mendesain rancang bangun. Terlebih untuk membuat bus tingkat yang dibutuhkan adalah mendesain chassisnya.

“Karena kita punya ahli untuk melakukan itu, tentu kita bisa melakukan pengembangan dalam membuat bus tingkat, high deck, low deck, apa saja,” akunya.

Baca juga: Ini Spesifikasi Bus Listrik Buatan Universitas Indonesia dengan TKDN Sangat Tinggi Dikelasnya

Sejumlah keunggulan bus listrik UI, dikatakan Gamal diantaranya yaitu memiliki tingkat komponen dalam negeri (TKDN) sangat tinggi, telah mengembangkan rancangan motor listrik bersama PT NSAD dan dikonstruksi oleh PT PINDAD.

Halaman
12
Sumber: Tribun depok
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved