Berita Universitas Indonesia

Ini Spesifikasi Bus Listrik Buatan Universitas Indonesia dengan TKDN Sangat Tinggi Dikelasnya

Bus pertama di Indonesia yang chassisnya dirancang bangun sendiri oleh tim UI dan bus dengan tingkat komponen yang tertinggi dikelasnya

TribunnewsDepok.com/Vini Rizki Amelia
bus listrik buatan Universitas Indonesia yang akan digunakan dalam perhelatan Indonesia G20 Presidency yang penyerahannya dilakukan simbolis oleh Rektor UI Prof. Ari Kuncoro kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Kampus UI Depok, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jumat (10/6/2022). 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, BEJI - Menjawab tantangan terhadap perubahan iklim akibat penggunaan gas emisi, Universitas Indonesia menciptakan karya terbaiknya berupa kendaraan transportasi bus bertenaga listrik.

Bus listrik buatan UI ini memiliki dimensi 12 meter x 2,5 meter x 3,7 meter dengan kapasitas 27 tempat duduk dengan total 64 penumpang jika digabungkan dengan penumpang yang berdiri.

Wakil Rektor Universitas Indonesia Bidang Riset dan Inovasi drg. Nurtami, Ph.D., Sp, OF(K) mengatakan, bus listrik yang didominasi warna kuning ini sudah diinisiasi sejak kurang lebih 10 tahun terakhir.

Hingga akhirnya resmi diluncurkan dan diserahkan pertama kali kepada pemerintah sebagai dalam mendukung perhelatan Indonesia G20 Presidency. Dengan keberhasilan mewujudkan kendaraan bertenaga listrik ini, Nurtami mengatakan ada tiga hal yang diberikan UI dalam menjawab sebuah tantangan.

 

Simak video terkait berikut ini:

Pertama, masalah transisi energi, kedua, naiknya bahan bakar, dan terakhir perlunya angkutan publik. Tiga hal ini menjadi fokus UI dalam mengatasi pengurangan gas emisi.

“Di sini, UI memposisikan sebagai mitra pemerintah yang ikut memberikan solusi dalam permasalahan bangsa dan permasalahan global. UI adalah kampus pertama yang membuat bus listrik ini,” papar Nurtami dalam bincang-bincang bersama TribunnewsDepok.com dalam program Depok Hari Ini di Kampus UI Depok, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jumat (10/6/2022).

Sementara itu, Direktur Inovasi dan Science Techno Park UI Ahmad Gamal, S.Ars., M.Si., M.U.P., Ph.D mengatakan bus listrik karya anak bangsa ini memiliki keistimewaan.

Sebab, sejumlah pembuatan dilakukan sendiri oleh UI bersama PT MAD sebagai mitra dalam mengonstruksikan bus listrik tersebut.

Baca juga: Dukung G20 Presidensi, UI Serahkan Bus Listrik Karya Anak Bangsa ke Pemerintah

Halaman
12
Sumber: Tribun depok
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved