Breaking News:

Advertorial

APJII dan Biznet Data Center Kolaborasi Luncurkan Layanan Internet Exchange Pertama di Luar Jakarta

Luncurkan layanan Indonesia Internet Exchange Pertama di luar Jakarta. Hal itu merupakan Kolaborasi APJII dan Biznet Data Center

Editor: dodi hasanuddin
Istimewa
APJII dan Biznet Data Center Kolaborasi Luncurkan Layanan Internet Exchange Pertama di Luar Jakarta. 
  • Mengusung Percepatan Distribusi Konten Digital Ke Seluruh Indonesia

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, JAKARTA - Kolaborasi APJII dan Biznet Data Center luncurkan layanan Indonesia Internet Exchange Pertama di luar Jakarta.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJII) dan PT Dinamika Raya Prima atau yang biasa dikenal dengan Biznet Data Center (BDC), anak perusahan Biznet yang fokus menyediakan layanan infrastruktur dan fasilitas data center, sepakat melakukan kerjasama strategis.

Baca juga: Junas Miradiarsyah: Kita Semakin Siap Gelar FIBA Asia Cup 2022

Kerjasama itu dengan meluncurkan simpul Indonesia Internet Exchange (IIX) terbaru yang terletak di Biznet Technovillage Cimanggis dengan jarak 39 kilometer dari pusat Kota Jakarta.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian yang dilakukan oleh Ketua Umum APJII Muhammad Arifdan Direktur Biznet Data Center Dondy Bappedyanto di Hotel AYANA Midplaza, Jakarta, pada Kamis (31/3/2022).

Kolaborasi strategis ini menjadi tonggak pencapaian APJII bersama Biznet Data Center untuk mengusung simpul IIX pertama di luar Jakarta.

Baca juga: Silaturahmi dengan Kiai Madura Raya, Sandiaga Uno Ungkap Besarnya Potensi Parekraf Madura

Tujuannya untuk memperluas jangkauan dan percepatan konten digital bagi banyak pelanggan.

“Kami terus berupaya meningkatkan efisiensi interkoneksi antar anggota APJII, salah satunya dengan menjalin kerja sama dengan Biznet Data Center yang kami nilai sangat strategis untuk menjadi simpul Indonesia Internet Exchange (IIX)," kata Muhammad Arif.

"Kerja sama ini akan memberikan manfaat langsung bagi anggota APJII dan masyarakat dalam hal experience berinternet di era serba online," tambahnya.

Langkah APJII juga senada dengan salah satu topik utama Presidensi G20 Indonesia, yaitu transformasi berbasis digital.

“Sebagaimana kita ketahui, akselerasi transformasi digital sangat bergantung pada infrastruktur Internet, yang mana Indonesia Internet Exchange (IIX) merupakan elemen ekosistem infrastruktur Internet yang vital. Penambahan simpul cakupan Indonesia Internet Exchange (IIX) akan mendorong peningkatan pemanfaatan akses Internet yang bagi masyarakat, khususnya dalam meningkatkan ekonomi digital Indonesia,” ungkap Arif.

Baca juga: Jelang Ramadan Sejumlah Jalan di Kota Depok Macet Hingga Berjam-jam, Ini Penjelasan Dishub

Untuk memfasilitasi simpul terbaru IIX ini, Biznet Data Center telah mempersiapkan infrastruktur jaringan dengan kapasitas jaringan sebesar 100 Gbps yang akan terus dikembangkan kedepannya.

Bila sebelumnya pelanggan perlu melakukan interkoneksi ke Gedung Cyber 1 di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, kini semakin dipermudah dengan hanya menghubungkan ke perangkat APJII-IIX yang sudah tersedia di Biznet Data Center, Technovillage Cimanggis.

Kolaborasi ini juga membuat pelanggan terutama penyedia jaringan Internet, konten digital, serta cloud dan hosting untuk memiliki alternatif rancangan konektivitas dalam meningkatkan efisiensi serta menaikkan pengalaman penggunanya melalui kecepatan akses layanan digital berlatensi rendah.

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved