Berita UI

SKSG UI Kolaborasi dengan Kemenlu Tingkatkan Pariwisata Indonesia, Inilah Strateginya

Tingkatkan Pariwisata Indonesia, Kemenlu bekerjasama dengan UI bikin booklet pariwisata Indonesia. Ini strategi bangkitkan pariwisata.

Penulis: dodi hasanuddin | Editor: dodi hasanuddin
Dok. Humas dan KIP UI
SKSG UI Kolaborasi dengan Kemenlu Tingkatkan Pariwisata Indonesia, Inilah Strateginya. 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, PANCORAN MAS - SKSG UI kolaborasi dengan Kemenlu tingkatkan Pariwisata Indonesia, inilah strateginya.

Pandemi yang makin melandai belakangan ini, mulai menumbuhkan kepercayaan diri bagi mereka yang berada di sektor industri untuk menggeliat mengembalikan situasi ke titik sebelum adanya Covid-19.

Perubahan kondisi ini diantisipasi oleh Sekolah Kajian dan Stratejik Global Universitas Indonesia (SKSG UI) melalui peluncuran booklet pariwisata pasca pandemi 2022, yang disusun bersama Badan Strategi Kebijakan Luar Negeri (BSKLN) Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI).

Baca juga: Doktor Fasilkom UI Temukan Model Perangkat Pembelajaran dan Pelatihan Tingkatkan Kompetensi Karyawan

Booklet disusun dalam upaya pemulihan pariwisata dan perekonomian Indonesia yang sempat menurun sejak awal pandemi 2020 lalu, salah satunya dengan menjalin kerja sama dengan negara-negara di kawasan Amerika. 

Kemitraan ini merupakan wujud dari kolaborasi erat antara pemerintah dan lembaga pendidikan melalui kajian ilmiah yang menawarkan solusi atas persoalan kekinian yang dihadapi oleh Indonesia.

Peluncuran ini disiarkan secara virtual melalui Zoom dan kanal Youtube SKSG UI, pada Selasa (15/03).

"Pariwisata sangat krusial, dan ketika pandemi mulai membaik, semoga pariwisata bisa kembali menjadi ujung tombak pemulihan ekonomi. Seperti yang telah kita diskusikan sebelumnya saat pembuatan booklet ini dilaksanakan," kata Athor Subroto, S.E., M.M., M.Sc., Ph.D., Direktur SKSG UI.

"Pariwisata akan mengambil peran terdepan (dalam pemulihan ekonomi di Indonesia). Model booklet ini saya kira bisa menjadi contoh untuk kegiatan-kegiatan kami ke depan agar bisa memunculkan booklet-booklet lain dalam upaya kontribusi terhadap masyarakat luas," tambahnya.

Fungsional Diplomat Madya Pusat Strategi Kebijakan Kawasan (SKK) Amerop (Amerika-Eropa) BKSLN Kemlu RI, Listyowati, menjelaskan booklet dengan judul “Booklet pariwisata Indonesia Pasca Pandemi, Pemulihan Pasar, dan Kerja Sama dengan Kawasan Amerika: Perlunya Konsolidasi Nasional" ini berhasil disusun selama enam bulan oleh tim penyusun dari SKSG UI dengan Pusat (SKK) Amerop BKLSN Kemlu RI.

Baca juga: UI Ungkap Fakta Sejarah Indonesia Soal Gerakan Antivaksin dan Ancaman Terhadap Umat Manusia

 Booklet tersebut berisi rangkuman artikel dari para narasumber acara webinar kolaborasi Pusat SKK Amerop dengan SKSG UI, pada 29 Juli 2021 lalu.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved