Breaking News:

Mahasiswa UI

Mahasiswa FEB UI Juara 3 diTrading Competition Indonesia Financial Expo & Forum (IFEF) 2021

FEB UI Juara 3 di Trading Competition Indonesia Financial Expo & Forum (IFEF) 2021. Sang juara dari mahasiswa FEB UI

Penulis: dodi hasanuddin | Editor: dodi hasanuddin
Dok. Humas dan KIP UI
Mahasiswa FEB UI Juara 3 diTrading Competition Indonesia Financial Expo & Forum (IFEF) 2021. 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, PANCORAN MAS - Mahasiswa FEB UI Juara 3 di Trading Competition Indonesia Financial Expo & Forum (IFEF) 2021.

Kompetisi trading, namun di ajang tersebut pesertanya belajar mengontrol emosi, itu yang dialami Adrian, mahasiswa program studi (S-1) manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) angkatan 2021.

Baca juga: Tingkatkan Reputasi Akademik Jadi Target Utama UI dalam Upaya Mempertahankan Peringkat Universitas. 

Saat trading apabila saham belum bergerak sesuai ekspektasi, ia belajar untuk fokus dan konsisten terhadap trading plan beserta analisis yang dibuat.

“Yang terpenting tidak down pada saat pesaing lainnya sudah memiliki keuntungan terlebih dahulu dibandingkan kita,” ujarnya.

Muhammad Adrian Syaputra berhasil memperoleh Juara 3 dalam ajang Trading Competition Indonesia Financial Expo & Forum (IFEF) 2021.

Kompetisi tersebut berisi serangkaian acara bertema investasi, yang digelar sejak 27 September hingga 25 Oktober 2021, dan diselenggarakan oleh Kontan bekerja sama dengan PT RTI Infokom serta mendapat dukungan dari Ipotfund.

Baca juga: Ari Fahrial Syam Dekan FKUI 2021-2025, Bikin FKUI Pilihan Terbaik Jadi Dokter di Indonesia

Menurut Adrian, Trading Competition IFEF 2021 adalah lomba trading dengan menggunakan metode analisis volume, moving average convergence divergence (MACD), cash flow, pola, candlestick, dan lainnya.

“Semuanya dikolaborasikan selama perlombaan berlangsung. Mekanisme perlombaan IFEF 2021 Trading Competition yakni seluruh peserta diberikan modal virtual yang sama yaitu sebesar Rp 200 juta, kemudian peserta harus menghasilkan capital gain atau persentase keuntungan tertinggi dengan bertransaksi saham di indeks Kompas 100. Kompetisi ini sendiri berlangsung dari 11-29 Oktober 2021,” ujarnya.

Baca juga: Mahasiswa UI yang Tergabung SMV HORE UI Bawa Keris RVIII Juara Prototype Mobil Hemat Bahan Bakar

Penilaian di kompetisi ini dilakukan secara terbuka melalui website penyelenggara dan bisa diakses oleh semua peserta dan umum, sehingga selama perlombaan peserta bisa melihat perkembangan pesaingnya.

Indikator penilaian kompetisi tersebut secara singkat hanya mewajibkan seluruh peserta bertransaksi di saham indeks Kompas 100 dengan berbagai ketentuan tambahan tentang detailnya yang telah dijelaskan diawal kompetisi.

“Saya berhasil mendapatkan persentase keuntungan 19.59% selama +-2 minggu, unggul dari pesaing lainnya dan berhak menempati posisi juara 3 di kompetisi. Ke depannya, saya akan meningkatkan skill, literasi keuangan, mempelajari analisis fundamental agar bisa memenangkan perlombaan trading lainnya,” kata Andrian menanggapi prestasi yang diraihnya.

Trading Competition IFEF 2021 merupakan kompetisi trading yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan investor dalam menganalisis emiten sebelum melakukan pembelian saham.

Kompetisi ini terlaksana dengan sinergi antara kementerian dan lembaga, regulator bidang keuangan, asosiasi, lembaga jasa keuangan, media, serta akademisi. Pengumuman pemenang dilakukan melalui media sosial Kontan, Selasa (2/11/2021).

Syarat yang harus dipenuhi untuk mengikuti ajang ini adalah warga negara Indonesia berusia di atas 17 tahun, dan memiliki KTP, serta terbuka bagi umum. Peserta berasal dari berbagi unsur seperti mahasiswa, PNS/TNI-POLRI, karyawan, ibu rumah tangga, wiraswasta, pegawai sekuritas, dan pegawai swasta. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved