Berita Jakarta

Sandiaga Uno Ajak Mahasiswa UKI Promosikan Kuliner Indonesia, dI Mancanegara Kenalkan 5 Makanan Khas

Bangkitkan pariwisata Indonesia, Sandiaga Uno ajak mahasiswa UKI promosikan kuliner Indonesia. Di mancanegara buka resto khas Indonesia.

Penulis: Hironimus Rama | Editor: dodi hasanuddin
TribunnewsDepok.com/Hironimus Rama
Sandiaga Uno Ajak Mahasiswa UKI Promosikan Kuliner Indonesia, dI Mancanegara Kenalkan 5 Makanan Khas. 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, PANCORAN MAS - Sandiaga Uno ajak mahasiswa promosikan kuliner Indonesia, di Mancanegara kenalkan 5 makanan khas.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salabudin Uno mengajak anak-anak muda untuk membangkitkan pariwisata Indonesia melalui promosi kuliner (gastronomi).

Baca juga: Mirip Desa Jatiluwih, Desa Tipang Diyakini Sandiaga Uno Mampu Mendunia-Gerakkan Ekonomi Rakyat

Hal itu diungkapkan Sandiaga dalam webiner "Pengaruh Gastrodiplomasi terhadap Nation Branding Indonesia" yang digelar Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMAHI) FISIPOL Universitas Kristen Indonesia pada Jumat (19/11/2021).

"Indonesia terkenal sebagai jalur rempah sejak zaman dahulu kala. Rempah-rempah ini yang mendorong bangsa-bangsa Eropa berlomba-lomba datang ke Indonesia dulu," kata Sandiaga.

Baca juga: Sandiaga Uno Lari Keliling Dua Kali Sirkuit Mandalika, Tinjau Langsung Kesiapan World Superbike

Meskipun terkenal dengan rempah, namun makanan Indonesia belum terlalu dikenal di dunia. Karena itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif meluncurkan Indonesia Spice Up The World (ISUTW).

Program kolosal berkonsep Indonesia incorporated ini dimulai sejak 2015 dan berlangsung hingga tahun 2024.

"Spice Up The World ini bertujuan meningkatkan nilai ekspor bumbu dan rempah-rempah sehingga bisa mencapai 2 miliar Dolar Amerika Serikat (AS)," paparnya.

Program ini melibatkan banyak pihak, termasuk pemerintah pusat serta daerah, pengusaha, akademisi, komunitas, dan media.

"Program ini butuh dukungan generasi muda seperti mahasiswa UKI," ungkap Sandiaga.

Baca juga: Sandiaga Uno Lari Keliling Dua Kali Sirkuit Mandalika, Tinjau Langsung Kesiapan World Superbike

Sandiaga memuji HIMAHI karena telah menggelar webinar ini. Pasalnya, gastrodiplomasi ini masih kurang maksimal selama ini.

"Gastrodiplomasi ini sangat penting karena melalui makanan kita bisa membuka percakapan. Dari situ akan menarik orang datang ke Indonesia sehingga membuka peluang investasi," tutur politisi Partai Gerindra ini.

Baca juga: Punya Tubuh Seksi, Wika Salim Ingin Jadi Pusat Perhatian Orang-Orang

Dia menambahkan ISUTW ini merupakan program nasional untuk mendorong hadirnya kuliner Indonesia di mancanegara.

"Program ini juga menargetkan adanya 4.000 restoran Indonesia di luar negeri. Kami yakin ini bisa karena kita akan berkolaborasi bukan hanya kementerian tapi dengan diaspora juga,” paparnya.

Dalam program ini, pemerintah Indonesia mempromosikan 5 makanan yaitu rendang, nasi goreng, sate, soto, gado-gado, serta bumbu pendukung lainnya, yakni kecap manis dan kacang tanah.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved