Berita UI

Dr. Ir. Petrus Mursanto Dekan Fasilkom UI 2022-2026, Punya 6 Program Unggulan, Ini Profilnya

Dekan Fasilkom UI 2022-2026, Dr. Ir. Petrus Mursanto. Punya 6 program unggulan. Salah satunya hasilkan kualitas lulusan menguasai kompetensi TIK.

Penulis: dodi hasanuddin | Editor: dodi hasanuddin
Dok. Humas dan KIP UI
Dr. Ir. Petrus Mursanto Dekan Fasilkom UI 2022-2026, Punya 6 Program Unggulan, Ini Profilnya. 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, PANCORAN MAS - Dr. Ir. Petrus Mursanto Dekan Fasilkom UI 2022-2026, punya 6 program unggulan, ini profilnya.

Dekan Fakultas Ilmu Kompurer (Fasilkom) Universitas Indonesia (UI) yang baru terpilih, Petrus Mursanto atau yang lebih akrab disapa Santo, memiliki visi menguatkan kembali Fasilkom UI sebagai pusat unggulan pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Indonesia.

Baca juga: Kontribusi Nyata UI Bersama Mitra Bantu Pulihkan Indonesia di Masa Pandemi Covid, No 1 di Indonesia

“Untuk menjadi pusat unggulan pengembangan TIK, berarti Fasilkom UI harus memiliki SDM yang berkompetensi tinggi menghasilkan karya nyata yang berguna dari hasil kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi sehingga selalu menjadi ‘top referral’ di bidang TIK, Fasilkom yang selalu menghasilkan lulusan berkualitas, serta mampu berkontribusi positif di masyarakat,” ujarnya.

Baca juga: Padang Wicaksono Direktur Program Pendidikan Vokasi UI 2022-2026, Inilah 3 Program Prioritas

Dr. Ir. Petrus Mursanto, M.Sc., terpilih menjadi Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) masa bakti 2021 – 2025 setelah melalui proses asesmen di hadapan Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D.

Kemudian dihadapan Sekretaris Universitas dan Para Wakil Rektor yang dilaksanakan pada Selasa (9/11) secara daring serta disiarkan langsung melalui kanal Youtube UI dan UI Teve.

Baca juga: Angka Kematian Bayi Tinggi, Dosen Kesehatan Masyarakat UI Soroti Variabel di Luar Faktor Kesehatan

Petrus Mursanto terpilih setelah unggul dari dua kandidat calon Dekan Fasilkom UI lainnya, yaitu Prof. Yudho Giri Sucahyo, S.Kom, M.Kom, Ph.D., dan Prof. Dr. Eng. Wisnu Jatmiko, S,T., M.Kom.

Untuk meraih visi dan misinya, secara garis besar Santo memaparkan enam program kerja yang dirancangnya.

Dr. Ir. Petrus Mursanto, M.Sc., terpilih menjadi Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) masa bakti 2021 – 2025 setelah melalui proses asesmen.
Dr. Ir. Petrus Mursanto, M.Sc., terpilih menjadi Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) masa bakti 2021 – 2025 setelah melalui proses asesmen. (Dok. Humas dan KIP UI)

Program kerja prioritas pertamanya adalah peningkatan jumlah dan kualifikasi SDM untuk mewujudkan rasio 1 dosen : 25 mahasiswa.

Program ini diajukan, karena ia ingin mengatasi masalah mendasar yaitu jumlah dosen tetap Fasilkom yang relatif konstan selama delapan tahun terakhir.

Baca juga: Prof. Dr. Heri Hermansyah Jadi Dekan FT UI 2022-2026, Ini 11 Program Unggulannya

Jumlah dosen ideal yang ditetapkan adalah 100 dosen tetap bergelar doktor.

Selain itu, kinerja dosen juga perlu didukung oleh tenaga kependidikan yang andal dengan memberikan pelatihan yang sesuai peran masing-masing unit kerja dan disediakan lingkungan kerja yang nyaman serta jenjang karier yang jelas.

Program kerja kedua adalah terkait strategi di bidang pendidikan secara umum. Menurutnya, dengan berbekal dosen dan kualifikasi yang mumpuni maka Fasilkom harus mampu menghasilkan kualitas lulusan yang menguasai kompetensi bidang TIK selain 9 nilai UI sebagai soft skill.

Baca juga: Prof. Dr. Heri Hermansyah Jadi Dekan FT UI 2022-2026, Ini 11 Program Unggulannya

Tak hanya itu, materi Massive Open Online Courses (MOOC) yang telah disiapkan harus terus ditambah dan disempurnakan, dan juga peran Unit Penjaminan Mutu Akademik Fakultas (UPMAF) perlu ditingkatkan untuk mengawal kualitas MOOC agar sesuai dengan standar pembelajaran jarak jauh.

Baca juga: Angka Kematian Bayi Tinggi, Dosen Kesehatan Masyarakat UI Soroti Variabel di Luar Faktor Kesehatan

Selanjutnya, program kerja ketiga adalah upaya revitalisasi laboratorium riset, yaitu setiap lab riset Fasilkom didorong untuk memiliki kerja sama dengan lembaga riset dan menghasilkan topik-topik unggulan sehingga bisa menghasilkan produk yang relevan dan berdaya guna.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved