DPRD Kota Depok

Babai Suhaemi: Gong Sibolong Ingatkan Pemkot Depok Luruskan Identitas Budaya

Jadi Warisan Budaya Takbenda, Babai Suhaemi: Gong Sibolong mengingatkan Pemkot Depok luruskan identitas Bbudaya

Penulis: Vini Rizki Amelia | Editor: dodi hasanuddin
TribunnewsDepok.com/Vini Rizki Amelia
Babai Suhaemi: Gong Sibolong Ingatkan Pemkot Depok Luruskan Identitas Budaya 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, DEPOK - Babai Suhaemi: Gong Sibolong ingatkan Pemkot Depok luruskan identitas budaya.

Anggota DPRD Kota Depok Babai Suhaemi mengucapkan rasa syukurnya atas penetapan Gong Si Bolong sebagai warisan tak benda oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada akhir Oktober 2021 lalu.

Baca juga: Memuliakan Rasul, Front Pemuda Muslim Maluku-AMBI Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW

Ucapan syukur disampaikan Babai saat menyampaikan pandangan Fraksi PKB-PSI terhadap empat usulan Raperda oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok di Rapat Paripurna, Gedung DPRD Kota Depok, Cilodong, Jumat (5/11/2021).

"Alhamdulillah, berkat Kemendikbudristek akhirnya Gong Si Bolong dijadikan sebagai warisan budaya takbenda," ujar Babai saat dikonfirmasi TribunnewsDepok.com, Minggu (7/11/2021).

Baca juga: Tata Trotoar di Jalan Margonda, Imam Minta Kerja Sama Pemilik Gedung dan Pengusaha

Gong Si Bolong dikatakan Babai sebagai sebuah catatan karya anak bangsa khususnya Kota Depok.

Dengan penetapan tersebut, anggota Fraksi PKB-PSI ini menilai sebagai sebuah kebahagiaan disaat pemerintah daerah belum bisa merumuskan bagaimana nilai budaya dan juga apa itu adat istiadat Kota Depok.

"(Penetapan oleh Kemendikbudristek) Ini sebagai upaya kita dalam menetapkan identitas budaya Kota Depok yang sejak lahir hingga sekarang belum memiliki identitas budaya yang jelas," tegasnya.

"Pemerintah (pusat) telah memberikan wejangan dan mengingatkan kepada Pemerintah Kota Depok agar meluruskan semuanya agar kita memiliki identitas budaya," tandasnya.

Sebelumnya, Gong Si Bolong ditetapkan sebagai warisan budaya takbenda (WBTb) dalam Sidang Penetapan Warisan Budaya Takbenda Indonesia 2021.

Seni pertunjukan asal Depok tersebut ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi  pada tanggal 26 - 30 Oktober 2021.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved