Kota Bogor

Tingkatkan Literasi Anak, Gramedia Sumbang Paket Buku ke Perpustakaan Cinta Baca Bogor

Salah satu taman baca yang mendapat donasi paket buku ini adalah Perpustakaan Cinta Baca Bogor. Simak selengkapnya.

Warta Kota/Hironimus Rama
Rezza Patria Wibowo, Public Relations Manager Gramedia (kedua dari kiri) menyerahkan paket buku kepada Dian selaku Direktur Perpustakaan Cinta Baca Bogor (kedua dari kanan) di Bogor, Selasa (2/11/2021). 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, BOGOR - Gramedia bekerja sama dengan penerbit  KPG (Kepustakaan Populer Gramedia)  menyumbangan 30 paket buku ke 30 taman baca rekanan Gramedia di seluruh Indonesia.

Salah satu taman baca yang mendapat donasi paket buku ini adalah Perpustakaan Cinta Baca Bogor.

Bantuan ini diserahkan secara simbolis oleh Rezza Patria Wibowo selaku Public Relations Manager Gramedia kepada pengelola Yayasan Cinta Baca di Bogor pada Selasa (2/11/2021).

"Melalui inisiatif ini, kami dari Gramedia berharap bahwa buku-buku ini dapat berguna dan bermanfaat bagi perkembangan literasi anak-anak," kata Herman K. Masman, Direktur Corporate Support Directorate Gramedia di Bogor, Selasa (2/11/2021).

Baca juga: Ini Aturan Baru BKN Soal Peserta yang Kena Covid-19 di SKB CPNS 2021

Dalam acara pemberian donasi ini, Gramedia juga melakukan peluncuran buku 'Kita Semua: Kisah Asia Tenggara'.

Buku ini merupakan karya penulis buku anak asal Australia Jackie French, Virginia Hooker, seorang akademisi dan ahli sejarah yang fasih berbahasa Indonesia, dan Mark Wilson sebagai ilustrator.

Buku Kita Semua diterbitkan dalam bahasa Indonesia oleh Penerbit Kiddo, imprint Penerbit KPG (Kepustakaan Populer Gramedia) dan sudah beredar di toko buku sejak 13 Oktober 2021.

Menurut Herman, penerbitan buku 'Kita Semua' bermula ketika Dr. Elly Kent yang sudah lama bergerak di bidang penerjemahan bahasa Indonesia-Inggris, membaca buku All of Us karya Virginia Hooker dan Jackie French.

"Elly Kent tergerak mewujudkan cita-cita Virginia Hooker yang ingin menunjukkan bahwa sebenarnya ada kisah yang sama yang dialami bangsa-bangsa Asia Tenggara," jelasnya.

Baca juga: Universitas Indonesia Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik 2021

Dia menambahkan, kisah yang sama ini jarang ditunjukkan di sekolah. Padahal, kisah ini dapat membangun kesadaran bahwa arti bangsa jauh lebih luas daripada batasan negara, bahasa, dan agama.

Dengan pemikiran ini, lanjut Herman, Elly Kent mendekati badan Australia-Indonesia Institute dan mengusulkan buku ini sebagai proyek penerjemahan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia untuk kemudian disebarkan ke seluruh Indonesia.

Penyebaran karya ini tidak hanya dilakukan melalui penerbitan buku saja. Untuk semakin memperluas pengetahuan masyarakat tentang Asia Tenggara, Penerbit Kiddo menggandeng Literasi Nusantara membagikan paket-paket buku.

"Paket buku dibagikan kepada 30 taman bacaan masyarakat yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Dalambpaket buku ini, ada buku 'Kita Semua'," ungkap Herman.

Baca juga: Bis Kita Trans Pakuan Resmi Mengaspal, Gratis Hingga Akhir Tahun 2021

Dengan cara ini, lanjut dia, Gramedia berusaha menjaga komitmen untuk dapat memberi inspirasi kepada masyarakat.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved