Berita Universitas Indonesia

Universitas Indonesia Gelar UIGreenMetrics World University Rangking 2022

Pada tahun ini, jumlah peserta Universitas Indonesia mengadakan UIGreenMetrics World University Rangking 2022mencapai 1050 universitas dari 85 negara

Penulis: Gilar Prayogo | Editor: murtopo
TribunnewsDepok.com/Gilar Prayogo
Universitas Indonesia menggelar UIGreenMetrics 2022, Beji, Kota Depok, Jawa Barat, Senin (12/12/2022). 

Laporan TribunnewsDepok.com Gilar Prayogo

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, BEJI - Universitas Indonesia (UI) mengadakan UIGreenMetrics World University Rangking 2022.

UI GreenMetric adalah gagasan inovasi UI yang telah dikenal luas baik di nasional maupun internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia yang berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus.

Pada tahun ini, jumlah peserta mencapai 1050 universitas dari 85 negara di dunia, bertambah dari sebelumnya (2021) sebanyak 956 Perguruan Tinggi dari 80 negara.

Di Indonesia, terdapat 126 Perguruan Tinggi yang telah berpartisipasi dalam UI GreenMetric.

Menurut Ketua UIGreenMetrics World University Rangking 2022, Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari M.Sc., M.M mengatakan bahwa keberlanjutan adalah salah satu agenda terpenting dari berbagai universitas termasuk angka.

"Jadi keberlanjutan adalah salah satu agenda penting terutama dalam menjalankan kegiatan Greenmetric di kampusnya," ujarnya saat ditemui di Ruang Sidang, Universitas Indonesia, Beji, Kota Depok, Jawa Barat, Senin (12/12/2022).

Dirinya berharap dengan adanya kegiatan ini, nantinya para mahasiswa dapat berkegiatan kembali setelah adanya pandemi Covid-19.

"Setelah adanya pandemi Covid-19, diharapkan mahasiswa dapat berkarya dan dapat semakin meningkat lagi semangat terutama dalam belajar maupun penelitian," ujar Prof Riri.

Selain itu harapan lainnya adalah mahasiswa bisa berkontribusi terutama untuk pengabdian di masyarakat.

"Diharapkan mahasiswa bisa berkontribusi maksimal terutama menggunakan infrastruktur kampus yang digunakan untuk pengabdian di masyarakat," jelasnya.

Baca juga: Mahasiswa Universitas Indonesia Bikin Robot Tak Berawak Bernama Makara Perry Sang Legenda Platipus

Seperti diketahui, penghargaan level Indonesia, Universitas Indonesia (UI) meraih predikat Kampus Berkelanjutan Terbaik, lalu Universitas Diponegoro, kemudian Universitas Gadjah Mada.

UI GreenMetric merupakan satu-satunya pemeringkatan perguruan tinggi internasional yang dibuat oleh perguruan tinggi Indonesia. 

Baca juga: Ketua Dewan Guru Besar Universitas Indonesia Sebut Guru Investasi Penting Menuju Indonesia Emas 2045

Acara tersebut dihadiri oleh Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, ASEAN.Eng, Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim, Ir. Laksmi Dhewanthi, M.A, Sekretaris Universitas, dr. Agustin Kusumayati, M.Sc., Ph.D.

Kemudian Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris, Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA, dan Prof. Dr. Riri Fitri Sari, M.Sc., M.M. (Kepala UI GreenMetric) yang menginiasi UI GreenMetric sejak 13 tahun lalu. (m34).

Baca juga: Relawan Universitas Indonesia Kerahkan 5 Dokter Spesialis orthopaedi Bantu Korban Gempa Bumi Cianjur

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved