PLN Siapkan 26 SPKLU untuk Pengisian Kendaraan Berbasis Listrik di Jakarta

PLN siap menambah lokasi SPKLU di Jakarta karena kebutuhan listrik di Ibu Kota selama ini 5.400 mega watt (MW), kapasitas di Jakarta mencapai 8.000 MW

Editor: Umar Widodo
Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri
General Manager PLN UID Jakarta Raya Doddy B Pangaribuan di Balai Kota DKI, Rabu (23/11/2022). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Fitriyandi Al Fajri

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, JAKARTA - PLN UID Jakarta Raya telah menyiapkan puluhan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di Ibu Kota. Untuk mempermudah pengisian tenaga listrik, PLN juga menyiapkan 38 unit nosel atau pipa semprot  di SPKLU.

“Saat ini sudah ada 26 SPKLU untuk roda empat dengan 38 nosel. SPKLU itu sudah eksisting, jadi ada yang diinisiasi oleh PLN, ada juga yang diinisiasi oleh swasta,” kata General Manager PLN UID Jakarta Raya Doddy B Pangaribuan pada Rabu (23/11/2022).

Hal itu dikatakan Doddy setelah bertemu dengan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Dalam kesempatan itu, Doddy menjelaskan bahwa PLN siap menambah lokasi SPKLU di Jakarta karena kebutuhan listrik di Ibu Kota selama ini 5.400 mega watt (MW), sedangkan kapasitas di Jakarta mencapai 8.000 MW.

“Jadi masih ada 2.600 MW itu yang kami siapkan kecukupannya,” ujar Doddy.

Kepada Doddy, Heru berkeinginan menambah titik SPKLU untuk mempermudah masyarakat mengisi ulang kendaraan listrik miliknya. Namun Heru mengaku masih menghitung kebutuhan SPKLU baru di Jakarta.

“Kami juga menyampaikan kepada beliau, kalau boleh sih diberikan kebijakan per instansi menggunakan operasionaal listrik. Karena sama-sama kami juga harus menekan emisi kendaraan berbahan bakar minyak,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengikuti konvoi kendaraan listrik yang digelar Kementerian Perhubungan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), serta Kementerian BUMN. Iring-iringan sepeda motor dan mobil itu melaju dari Balai Kota DKI menuju Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat pada Minggu (20/11/2022) pagi.

Heru menilai kegiatan Electric Vehicle Funday ini menjadi upaya Pemprov DKI Jakarta dalam mentransformasikan kendaraan berbasis listrik di Jakarta.

Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan kendaraan listrik yang ramah lingkungan kepada masyarakat.

Saat melakukan konvoi, Heru beserta jajaran didampingi Menhub Budi Karya Sumadi, Menteri ESDM Arifin Tasrif, Ketua Umum Persatuan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) Moeldoko, artis Tanah Air Andre Taulany dan komunitas pegiat kendaraan listrik.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Pemprov DKI Jakartan dengan pemerintah pusat.

“Tentunya kita telah melalukan hal ini pada kendaraan umum, seperti Transjakarta, dan ini secara bertahap dilakukan konversi. Lalu untuk (kendaraan) yang baru kami beli Electric Vehicle yang secara dua tahun ini sudah terprogram,” kata Heru pada Minggu (20/11/2022).

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Tags
PLN
SPKLU
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved