Universitas Indonesia

Tim Pengmas Universitas Indonesia dari FKUI Turun ke Labuhan Bajo, Beri Penyuluhan Penyakit Darah

Tim pengabdian masyarakat (pemgmas) Universitas Indonesia ini diketuai oleh Prof. Dr.rer.nat. Dra. Asmarinah, MS.

Editor: murtopo
Istimewa
Tim pengabdian masyarakat (pengmas) dari Program Doktor Ilmu Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) mengadakan penyuluhan dan konsultasi kesehatan tentang penyakit kelainan darah di Puskesmas Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM --Tim pengabdian masyarakat (pengmas) dari Program Doktor Ilmu Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) mengadakan penyuluhan dan konsultasi kesehatan tentang penyakit kelainan darah.

Seperti dilansir dari laman resmi Universitas Indonesia, kegiatan dipusatkan di Puskesmas Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, dengan target peserta adalah ibu hamil dan dan pelajar putri dari SMPN 1 Komodo dan MAN Labuan Bajo.

Tim pengabdian masyarakat (pemgmas) Universitas Indonesia ini diketuai oleh Prof. Dr.rer.nat. Dra. Asmarinah, MS.

Menurut Prof. Asmarinah, pengmas yang dilakukan di Labuan Bajo ini bertujuan untuk memperkenalkan tentang darah dan penyakit darah kepada masyarakat, sehingga mampu meningkatkan pengetahuan masyarakat dan meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit yang bisa menyerang.

Menurut Donny Naupar, B.Sc., M.Si.Med, dokter Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Indonesia (UI) anggota tim pemgmas UI salah satu penyakit darah adalah Thalassemia.

“Thalassemia merupakan penyakit gangguan pembentukan bahan pengangkut oksigen (hemoglobin) yang ada di dalam sel darah merah, sehingga sel darah merah mudah pecah. Thalassemia dapat diturunkan dari orang tua kepada anaknya dan hingga saat ini belum ada obatnya. Untuk memeriksa thalassemia dapat dilakukan pemeriksaan darah lengkap, tes genetic, dan elektroforesis hemoglobin,” ujarnya.

Penyuluhan kesehatan berupa seminar disampaikan oleh dosen dan mahasiswa S3 Ilmu Biomedik FKUI.

Beragam materi seputar darah diberikan kepada masyarakat dalam penyuluhan ini.

Salah satunya adalah pengertian dan pengenalan darah yang disampaikan oleh dr. Rahimi Syaidah, Ph.D.

Dalam paparannya Rahimi mengatakan darah merupakan cairan berwarna merah dan kental yang terdapat di dalam tubuh yang mengandung plasma dan sel.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved