Mahasiswa UI

Rahma Alifatu Zahro Mahasiswa FIA Universitas Indonesia UI Sebut Tax Amnesty Berpotensi Bikin Iri

Mahasiswa FIA Universitas Indonesia UI Rahma Alifatu Zahro berharap harap tax amnesty tak digelar berdekatan. Bisa berpotensi timbulkan keirian.

Penulis: dodi hasanuddin | Editor: dodi hasanuddin
Dok. Humas dan KIP UI
Rahma Alifatu Zahro Mahasiswa FIA Universitas Indonesia UI Sebut Tax Amnesty Berpotensi Bikin Iri 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, BEJI - Rahma Alifatu Zahro Mahasiswa FIA Universitas Indonesia UI sebut Tax Amnesty berpotensi bikin iri.

Mahasiswa Universitas Indonesia UI kembali mengharumkan kampusnya. Kali ini prestasi ditorehkan mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi atau FIA UI, Rahma Alifatu Zahro.

Rahma Alifatu Zahro merupakan mahasiswa Ilmu Administrasi Fiskal. Dia berhasil meraih juara 1 di Pekan Raya Perpajakan Nasional (PRPN) setelah mengalahkan sembilan finalis pada kategori lomba Tax Essay with 3-minutes Thesis.

Baca juga: Ida Ayu Nyoman Titin Trisnadewi dan I Wayan Gede Krisna Arimjaya Mahasiswa UI yang Raih IPK Sempurna

Rahma menjadi pemenang dalam loma itu lantaran mengangkat isu efektivitas Program Pengungkapan Sukarela (PPS) Pajak di Indonesia yang diselenggarakan oleh Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN).

Dalam isu efektifitas program PPS yang diangkatnya, Rahma mengungkapkan bahwa setelah melakukan observasi terhadap berbagai data mengenai penerimaan pajak, ditemukan fakta mengejutkan.

Paska pelaksanaan program tax amnesty tahun 2008 dan 2016 angka penyampaian SPT Tahunan meningkat.

Tetapi tax ratio justru mengalami penurunan.

"Dari tahun ke tahun, Indonesia sudah sekitar lima kali melakukan tax amnesty. Pada data yang saya ambil di tahun 2008, 2016, dan 2022, menunjukkan bahwa tax ratio pasca program tax amnesty justru mengalami penurunan," ujar Rahma.

"Dari data tersebut saya berkesimpulan bahwa program pengampunan pajak semacam PPS Pajak sebaiknya tidak dilakukan kembali dalam waktu dekat," tambahnya.

Baca juga: Mahasiswa Vokasi Universita Indonesia UI Terbanyak Lulus Cumalude, IPK Sempurna Diraih 9 Wisudawan

Rahma berasumsi bila SPT Tahunan meningkat, maka seharusnya terdapat potensi tax ratio yang ikut meningkat apabila penggalian potensi penerimaan tidak menemui hambatan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved