Kota Bogor

PPDB 2022 di SMK Negeri 3 Bogor Akan Menjaring 530 Siswa Baru, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi

Ade mengingatkan bagi calon siswa yang ingin mendaftar di SMKN 3 Bogor, untuk melengkapi beberapa dokumen.

Penulis: Cahya Nugraha | Editor: murtopo
Wartakotalive.com/Cahya Nugraha
SMKN 3 Bogor rencananya akan membuka sebanyak 530 siswa baru pada 2022. 

Laporan wartawan wartakotalive.com, Cahya Nugraha

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, BOGOR -  Sejak dibukanya Penerimaan Pesertan Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK untuk wilayah Jawa Barat, ratusan calon siswa beserta orangtua mengunjungi SMK Negeri (SMKN) 3 Bogor.

SMK 3 Negeri yang berlokasi di Jalan Raya Pajajaran No.84, RT.04/RW.07, Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat ini rencananya akan membuka sebanyak 530 siswa baru pada 2022.

Panitia PPDB, Ade menuturkan bahwa PPDB ini merupakan tahap 1 yang dilakukan dari tanggal 6-10 Juni yang dilakukan  secara online melalui situs http://ppdb.disdik.jabarprov.go.id.

"Untuk tahap 1 ini meliputi jalur afirmasi, prioritas terdekat, perpindahan tugas, prestasi kejuaraan dan persiapan kelas industri," ucap Ade.

Untuk kuota Jalur Afirmasi sebanyak 20 persen yang terbagi menjadi 3 kelompok, yaitu KETM 12 persen, ABK (Disabilitas, CIBI) 3 persen dan kondisi tertentu 5 persen.

Baca juga: PPDB 2022 di Kabupaten Bogor Dibuka, Orangtua Siswa Akui Gaptek hingga Lambatnya Jaringan Internet

Bagi anak yang memiliki kebutuhan khusus nantinya perlu surat keterangan dari medis/pakar/ psikolog disertai dengan saran program keahlian sesuai hasil diagnosa.

"Kita perlu hal tersebut untuk memudahkan pembelajaran di sini. Jangan sampai peserta didik salah pilih jurusan," ucap Ade.

Selanjutnya untuk Jalur Prioritas Terdekat sebanyak 10 persen. Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua/Anak Guru 5 persen. Jalur Prestasi 65 persen yang terbagi menjadi dua, yaitu Prestasi Rapor 60 persen dan Prestasi Kejuaraan 5 persen.

Baca juga: PPDB Kabupaten Bogor 2022, SMA Negeri 2 Cibinong Terima 430 Siswa Baru

Kemudian untuk jalur prestasi rapor terbagi jadi 2 kategori, yakni Persiapan Kelas Industri yang dapat kuota 35 persen, dan umum dengan kuota 25 persen.

SMKN 3 Bogor rencananya akan membuka sebanyak 530 siswa baru pada 2022.

Terdiri dari jurusan Kecantikan dan SPA sebanyak 72 siswa, kuliner 177 siswa, perhotelan 106 siswa, teknik jaringan komputer dan telekomunikasi 68 siswa dan tata busana 107 siswa.

Ade mengingatkan bagi calon siswa yang ingin mendaftar di SMKN 3 Bogor, untuk melengkapi beberapa dokumen.

Baca juga: DPRD Kota Bogor Berikan Catatan Perbaikan Pelaksanaan PPDB, Tahun Ini Sistem Cluster Zonasi

Untuk umum yang menjadi dokumen persyaratannya ialah ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL), Akta Kelahiran, Kartu Keluarga (KK), Buku Rapor ( Semester 1 s.d 5) dan surat tanggung jawab mutlak orangtua.

Dan bagi yang Khusus meliputi dokumen kartu program penanganan kemiskinan/ terdaftar pada dinsos ( bagi jalur afirmasi/KETM), surat keterangan domisili RT/RW (bagi afirmasi korban bencana alam/sosial), surat tugas orangtua (bagi jalur perpindahan tugas orangtua/wali dan bagi afirmasi tertentu), piagam dan dokumentasi prestasi (untuk jalur prestasi kejuaraan) maksimal 5 tahun dan minimal 6 bulan. (M33)

 

Ikuti kami di

AA
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved