Idul Adha

Antisipasi Penyakit Mulut dan Kuku pada Kurban, Global Qurban dan ACT Kerahkan Dokter Hewan

Antisipasi Penyakit Mulut dan Kuku pada Kurban, Global Qurban dan ACT Kerahkan Dokter Hewan

Editor: Dwi Rizki
Warta Kota
Global Qurban bakal mendistribusikan hewan kurban ke 60 negara, termasuk Indonesia. Lembaga mengantar amanah kurban itu juga menggandeng ACT dalam mengerahkan dokter hewan untuk mengantisipasi penyakit mulut dan kuku (PMK). 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, JAKARTA - Global Qurban dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengerahkan dokter hewan demi menjamin kesehatan hewan kurban terbebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK).

Secara intensif, tim dokter akan mengawasi kesehatan hewan yang berada di lumbung ternak wakaf (LTW).

 

“Dengan upaya ini, Global Qurban-ACT berharap bisa terus menjamin terjaganya kualitas daging kurban yang akan disampaikan kepada saudara sesama yang paling membutuhkan dan juga sesuai dengan syariat Islam,” kata Presiden Global Qurban Mukhti pada Jumat (27/5/2022).

 

Menurutnya, kemunculan PMK yang menjangkiti hewan berkuku belah beberapa pekan lalu memang menghantui para peternak.

Apalagi sebentar lagi umat muslim, terutama di Indonesia akan melaksanakan ibadah haji atau Idul Adha.

“Penyakit mulut dan kuku tengah marak menjangkiti hewan berkuku genap/ belah seperti sapi, kambing, dan domba. Namun, musibah ini tak boleh menyurutkan semangat umat Islam untuk tetap berkurban,” ujar Mukhti.

 

Dia mengatakan, meski masih di tengah pandemi Covid-19, tapi kondisi Indonesia saat ini telah jauh lebih terkendali. Pemerintah juga melonggarkan aturan pembatasan kegiatan masyarakat demi mendongkrak perekonomian di Tanah Air.

 

Bahkan umat muslim telah kembali melaksanakan salat berjamaah, mudik, ibadah umroh, bahkan juga liburan dan silaturahmi ke berbagai wilayah.

Ekonomi masyarakat pun perlahan membaik, terbukti dari data Kementerian Keuangan di kuartal pertama 2022 yang menunjukkan angka Produk Domestik Bruto (PDB) telah berada di atas rata-rata tahun 2019.

Baca juga: Milad ke-20, PKS Bakal ‘Putihkan’ Istora Senayan pada Minggu (29/5/2022)

Baca juga: Kisah di Balik Nama Curug Putri Kencana-Sering Ada Penampakan Wanita Mirip Putri Belanda

Dalam kondisi ekonomi serta kehidupan yang telah membaik ini, kata dia, umat Islam sudah sepatutnya menunjukkan rasa syukur. Salah satu bentuk ungkapan rasa syukur adalah dengan mengorbankan harta melalui berkurban.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved