Wawancara Eksklusif

Perpustakaan UI Memiliki Bangunan yang Unik dan Syarat dengan Nilai Filosofisnya

Tidak hanya memiliki koleksi yang lengkap, bangunan yang berdiri di atas tanah seluas 2,5 hektar dengan luas bangunan 33.000 m2 ini

Penulis: Cahya Nugraha | Editor: Umar Widodo
Warta Kota/Cahya Nugraha
Gedung Perpustakaan UI yang terletak didalam kampus UI ini berdiri dilahan 2,5 hektare dan luas banguan sekitar 33 ribu meter persegi 

Laporan wartawan wartakotalive.com, Cahya Nugraha

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, DEPOK - Perpustakaan menjadi salah satu penunjang di suatu lembaga pendidikan, tidak terkecuali di perguruan tinggi.

Koleksi kelengkapan buku dan fasilitas yang ditawarkan oleh perpustakaan menjadi faktor utama bagi para mahasiswa untuk mengunjungi perpustakaan.

Perpustakaan Universitas Indonesia yang berlokasi di Gedung Crystal of Knowledge, Kampus UI, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat ini menjadi tempat yang sering dikunjungi oleh masyarakat. Sebab, memiliki koleksi buku yang lengkap.

Tidak hanya memiliki koleksi yang lengkap, bangunan yang berdiri di atas tanah seluas 2,5 hektar dengan luas bangunan 33.000 m2 ini memiliki struktur bangunan unik yang syarat akan nilai filosofisnya.

Terdiri dari 8 lantai namun yang difungsikan sebagai area Perpustakaan adalah lantai 1 sampai lantai 4. Lantai 5-8 difungsikan sebagai ruang pertemuan.

Gedung Perpustakaan UI 2
Gedung Perpustakaan UI Depok

"Filosofi The Crystal of Knowledge, mengajak manusia agar selalu membaca dan menyerap ilmu pengetahuan seumur hidup. Orang hanya berhenti belajar ketika meninggal dunia," ucap Kepala UPT Perpustakaan UI, Mariyah.

Mariyah turut menuturkan bahwa semangat dalam mencari dan menyebarkan ilmu seluas-luasnya disimbolkan melalui banyak elemen.

"Danau, selain sebagai penyejuk lingkungan, juga merupakan simbol tinta yang seolah-olah diserap oleh akar pohon besar," ucapnya saat ditemui di dalam kantornya.

Selanjutnya, atap pada gedung tinggi yang runcing miring ibarat pena untuk menuliskan karya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved