Gedung Layanan Perpustakaan di Daerah Diharapkan Meningkatkan Literasi dan Wujudkan Manusia Unggul

Selain itu juga, dapat menciptakan lapangan kerja, mengurangi pengangguran serta memproduksi barang dan jasa yang bisa dipakai dalam kompetisi global

Editor: Umar Widodo
Dok.Perpunas
Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Muhammad Syarif Bando (kiri) saat meresmikan gedung layanan perpustakaan daerah di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Selasa (8/3/2022). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Ign Agung Nugroho

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, JAKARTA - Hadirnya gedung layanan perpustakaan di daerah, diharapkan mampu meningkatkan literasi masyarakat.

Selain itu, perluasan akses bahan bacaan perlu dilakukan untuk mencapai manusia unggul.

Menurut Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Muhammad Syarif Bando, manusia unggul merupakan individu yang menguasai ilmu pengetahuan, memiliki kemampuan inovasi dan kreativitas.

Selain itu juga, dapat menciptakan lapangan kerja, mengurangi pengangguran serta memproduksi barang dan jasa yang bisa dipakai dalam kompetisi global.

"Jadi perlu dipahami bahwa literasi tidak sekadar baca tulis, tetapi bagaimana kedalaman pengetahuan seseorang yang dapat diimplementasikan untuk memproduksi barang dan jasa yang dapat digunakan untuk memenangkan persaingan global," kata Syarif dalam 

Talkshow yang digelar secara hybrid dengan tema 'Transformasi Perpustakaan untuk Mewujudkan Ekosistem Digital Nasional', Selasa (8/3/2022).

Kegiatan itu, dalam rangkaian peresmian gedung layanan perpustakaan daerah di Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Syarif mengatakan, perpustakaan menjadi penting hadir di tengah masyarakat.

Dengan berbagai buku ilmu terapan, diharapkan masyarakat dapat menambah kemampuannya untuk meningkatkan kesejahteraan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved