Prestasi UI

Tim AMV Mahasiswa UI Sabet 2 Gelar Juara di Kompetisi Internasional Smartphone Control Boat

Mahasiswa UI yang tergabung dalam Tim AMV sabet 2 gelar juara di Kompetisi Internasional Smartphone Control Boat.

Penulis: dodi hasanuddin | Editor: dodi hasanuddin
Dok. Humas dan KIP UI
Tim AMV Mahasiswa UI Sabet 2 Gelar Juara di Kompetisi Internasional Smartphone Control Boat. 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, PANCORAN MAS - Tim AMV Mahasiswa UI sabet 2 gelar juara di Kompetisi Internasional Smartphone Control Boat.

Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam Tim Autonomous Marine Vehicle (AMV) UI kembali mempersembahkan prestasi membanggakan dari ajang kompetisi internasional, Smartphone Control Boat Competition 2021.

Tim AMV UI mengirimkan dua tim pada kompetisi ini dan keduanya berhasil meraih Juara 1 (Tim Makara Phantom) dan Juara 2 (Tim Autonomous Marine Vehicle).

Baca juga: Adib Mumtaz Irfani Mahasiswa FISIP UI Borong 2 Penghargaan di The 5th Istanbul Youth Summit 2022

Kedua tim yang terdiri dari 28 mahasiswa Fakultas Teknik (FTUI), Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM UI), dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA UI) ini, mengalahkan 11 tim lain yang berasal dari berbagai universitas Indonesia dan Malaysia.

Smartphone Control Boat Competition 2021 merupakan kompetisi internasional yang diselenggarakan oleh Technomarine Club UTM, Universiti Teknologi Malaysia pada November 2021–Maret 2022.

Kompetisi ini memfokuskan pemaparan mahasiswa tentang konsep dasar proyek Internet of Things (IoT) & Electronic DIY. 

Baca juga: FISIP UI ke-2, FIA, FEB, FIB, dan FMIPA ke-5 Asia Tenggara serta 50 - 200 Dunia Versi QS WUR 2022

Penilaian dewan juri dilakukan berdasarkan desain, performa, teknis dan presentasi.

Peserta kompetisi ini melalui beberapa tahapan lomba, mulai dari sesi pengarahan dan tutorial, membeli perangkat elektronik sendiri secara online.

Kemudian membuat model perahu fungsional yang dikendalikan smartphone dan bersaing dengan tim lain berdasarkan kinerja, dan yang terakhir adalah penilaian oleh dosen dan otoritas profesional di bidang maritim.

“Keunggulan desain prototipe kapal yang dibuat oleh Tim Makara Phantom adalah rigiditas kapal yang kuat dan penggunaan power system yang hemat energi serta murah. Untuk mengatur daya kapal, kami menggunakan teknologi yang disebut Pulse Width Modulation (PWM)," kata Felix Yaman Kusuma (Teknik Elektro FTUI ’20), anggota Tim Makara Phantom.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved