Berita UI

Kerjasama dengan LPS, UI Cetak Peneliti Muda Unggul dan Miliki Internasional Eksposure yang Kuat

UI cetak peneliti muda unggul dan miliki internasional eksposure yang kuat. Hal itu menjadi target kerjasama dengan LPS.

Penulis: dodi hasanuddin | Editor: dodi hasanuddin
Dok. Humas dan KIP UI
Kerjasama dengan LPS, UI Cetak Peneliti Muda Unggul dan Miliki Internasional Eksposure yang Kuat. 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, JAKARTA - Kerjasama dengan LPS, UI cetak peneliti muda unggul dan miliki internasional eksposure yang kuat.

Dalam rangka menindaklanjuti Nota Kesepakatan Bersama (NKB) antara Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan Universitas Indonesia (UI) yang telah dilaksanakan pada tanggal 30 November 2021 silam.

LPS dan UI sepakat untuk kemudian menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat terkait Fungsi, Tugas dan Wewenang LPS.

Baca juga: Tawarkan Solusi Perumahan Bagi Warga Berpenghasilan Tidak Tetap Doktor FTUI Lulus Cum Laude

Penandatangan PKS tersebut dilakukan oleh Kepala Eksekutif LPS Lana Soelistianingsih dan Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset UI Dedi Priadi di Jakarta, Jumat (25/03/2022).

Kepala Eksekutif LPS Lana Soelistianingsih mengatakan, dengan PKS yang ditandatangani ini akan lebih mendetailkan kerja sama LPS dengan beberapa fakultas yang berada di lingkungan UI.

Ia menambahkan, LPS dengan mandat sebagai otoritas penjaminan dan resolusi bank di Indonesia memerlukan strategi dalam menyebarluaskan penyebaran informasi terkait fungsi dan tugas LPS.

Baca juga: Makara Art Center UI ke Garut, Jawa Barat, di Kampung Adat Pulo Terlihat Toleransi dan Moderasi

Salah satunya adalah melalui penyusunan silabus mengenai fungsi dan tugas LPS untuk mata kuliah yang relevan pada program studi di UI.

“Melalui metode ini diharapkan generasi penerus khususnya mahasiswa/mahasiswi dapat memahami fungsi dan tugas LPS, tidak hanya sampai disana, hal ini juga diharapkan dapat meningkatkan ketertarikan generasi mendatang untuk bergabung menjadi pegawai LPS,” ujar Lana.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset UI Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA., menyatakan, penandatanganan kerjasama ini merupakan lanjutan dari nota kesepahaman yang telah ditanda tangani oleh Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, S.E, M.A, Ph.D., dan ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa pada tanggal 30 November 2021.

“Semoga dengan ditandatanganinya perjanjian kerja sama ini, akan semakin memberikan peluang bagi UI untuk bisa mengisi kegiatan Tri Dharma Perguruan Tingginya dengan Lembaga Penjamin Simpanan, khususnya dalam kegiatan-kegiatan mendukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan diharapkan, perjanjian kerja sama ini juga memperkuat hubungan yang optimal atas tugas dan fungsi Universitas Indonesia dan Lembaga Penjamin Simpanan,” ujar Prof. Dedi.   

Baca juga: Gelar Silaturahmi, Sedulur Tunggal Jokowi Semarang : Siap Ndhereke (Ikut) Pak Jokowi 2024

Ruang lingkup kerjasama antara lain meliputi, penyusunan silabus terkait materi sosialisasi fungsi dan wewenang LPS yang akan dimasukkan dalam mata kuliah yang relevan di UI, sosialisasi LPS kepada masyarakat melalui program pengabdian kepada masyarakat atau sejenisnya, pengembangan sumber daya manusia, dan kerja sama dalam bidang keilmuan seperti penelitian dan kajian bersama.

Nantinya, melalui penandatanganan PKS ini, akan menjembatani proses mutual benefit antara LPS dan UI, diantaranya transfer knowledge melalui program magang mahasiswa UI di LPS, riset bersama, dan berbagai program kerja sama lainnya.

Dekan Fakultas Teknik Dr. Ir. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU., mengatakan, untuk meningkatkan reputasi UI, khususnya di bidang teknik, maka diperlukan kerjasama dengan berbagai universitas kelas dunia, seperti University of California Berkeley yang merupakan salah satu universitas negeri terbaik di Amerika Serikat.

Diharapkan dengan kerja sama ini, UI dapat mencetak peneliti muda unggul yang memiliki international exposure yang kuat, yang berpengalaman dalam menjalankan riset di laboratorium cutting edge.

Selain itu, program ini juga dapat mendorong kolaborasi riset dan publikasi bersama UI dengan institusi ternama di tingkat internasional.

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved