Berita UI

FIA UI dan Orbitin.id Gelar Young Entrepreneur Challange, Ini Kiat Sukses Memulai Bisnis Kuliner

Ini kiat sukses memulai bisnis kuliner. Hal ini disampaikan dalam Young Entrepreneur Challange yang diselenggarakan FIA UI dan Orbitin.id.

Penulis: dodi hasanuddin | Editor: dodi hasanuddin
Tribunnewsdepok/Muhamad Fajar Riyandanu
FIA UI dan Orbitin.id Gelar Young Entrepreneur Challange, Ini Kiat Sukses Memulai Bisnis Kuliner. 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, PANCORAN MAS - FIA UI dan Orbitin.id gelar Young Entrepreneur Challange, ini Kiat sukses Memulai Bisnis Kuliner 

“Program ini bertujuan untuk mengembangkan ekosistem kewirausahaan di FIA UI dan mendorong ide kreatif baru dari kalangan muda, khususnya mahasiswa, untuk dapat menciptakan usaha baru yang mandiri guna menciptakan lapangan kerja bagi orang lain.

Baca juga: 3 Mahasiswa FIA UI Juara 1 Advance 2022 yang Digelar Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) Jawa Timur

Apalagi, bisnis berubah karena revolusi industri 4.0, digital ekosistem, disruptive innovation, atau pandemi yang merubah cara orang berbisnis dan berbelanja,” kata Prof. Dr. Chandra Wijaya, M.Si., M.M., Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia (FIA UI) dalam Webinar Young Entrepreneur Challenge (YEC), kemarin.

Webinar YEC bertajuk "Jurus Jitu Menemukan Ide Bisnis Baru" ini diselenggarakan oleh FIA UI bersama Orbitin.id. Acara dipandu oleh Operation Manager Orbitin Indonesia Memorianoys Amazihono dan menghadirkan tiga panelis.

Mereka adalah Hendy Setiono (Founder dan CEO Baba Rafi Enterprise), DR (HC) Noni Sri Ayati Purnomo B.Eng., MBA., (Komisaris Utama PT Blue Bird), dan Jimmy Gani (Founder dan CEO Orbitin).

Baca juga: Dana Riset Kedaireka 2022 untuk Dosen dan Peneliti Capai Rp 1 Triliun, UI Sampaikan Ketentuannya

Founder dan CEO Baba Rafi Enterprise atau kerap disapa Hendy, menjadi panelis pertama yang membagikan materi dengan judul “10 Langkah Menuju Sukses Bisnis Kuliner.”

Hendy bercerita, ia memulai bisnis kebab di usia 19 tahun dan saat ini usaha tersebut telah berkembang hingga keluar negeri.

Langkah pertama dalam menciptakan bisnis yang sukses adalah memastikan memilih target pasar atau segmen yang pas karena tidak mungkin sebuah bisnis sesuai dengan semua segmen masyarakat.

Langkah kedua adalah menyiapkan positioning yang sesuai dengan target pasar pelanggan bisnis yang akan dibangun.

Selanjutnya, siapkan juga konsep pembeda dengan bisnis yang lain.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi dari panelis kedua yakni DR. (HC) Noni Sri Ayati Purnomo B.Eng., MBA. Ia mengatakan, entrepreneur harus memiliki passion dan juga prinsip purpose beyond numbers untuk menghadapi tantangan dalam bentuk apapun.

Baca juga: Podcast UI: Kejar Mimpi Universitas Top Dunia, Universitas Indonesia Garap 4000 Riset per Tahun

Dalam pemaparannya, Noni menceritakan sejarah berdirinya perusahaan Blue Bird, dengan banyak tantangan dalam membangun bisnis ini.

“Jalan menuju sukses tidak ada yang linear. Tidak mungkin kita besar dan sukses tanpa menghadapi tantangan dan kesulitan. Sukses harus dibangun dengan kerja keras, disiplin tinggi, kecintaan, dan passion dengan apa yang kita lakukan,” ujar Noni.

Pada kesempatan yang sama, Jimmy Gani sebagai panelis ketiga menyampaikan materi mengenai cara membangun ide bisnis.

“Ide harus menjawab 5W + 1H (What, Who, When, Why, Where, dan How), yakni mengapa kita membutuhkan ide ini, apa solusinya, dimana ide tersebut diimplementasikan, siapa target pasarnya, kapan memulai untuk memulai dan membangun, dan bagaimana cara untuk implementasi ide dan menghasilkan keuntungan,” kata Jimmy.

Baca juga: Dies Natalies ke-72 Universitas Indonesia, Tak Tergoyahkan Sebagai Kampus Nomor Satu di Indonesia

Menurut Jimmy, mengalami kerugian dalam memulai bisnis adalah hal yang biasa terjadi. Tidak ada bisnis yang langsung mendapatkan keuntungan, pasti mengalami kerugian jika ingin sustain.

Dari kerugian itulah, pebisnis harus belajar dari kesalahan. Jimmy mengatakan, rugi bukanlah hal yang baru dan merupakan part of the process dalam memulai sebuah bisnis.

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved