Pemkot Depok

Ini Coret-coretan Tangan Ridwan Kamil untuk Proyek Kolaborasi Alun-alun Barat Kota Depok

Rencananya, proyek ini dikerjakan secara bersama oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. 

Penulis: Alex Suban | Editor: murtopo
Pokdarwis Situ Tujuh Muara
Gubernur Jawa Barat, Ridwal Kamil memperlihatkan sketsa rencana pembangunan Situ Tujuh Muara, Bojongsari, Kota Depok. 

Laporan TribunnewsDepok.com, Muhamad Fajar Riyandanu

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, DEPOK -Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memperlihatkan sketsa gambar Proyek pembangunan alun-alun barat Kota Depok.

Sketsa yang dibuat hanya mengunakan pulpen tinta warna biru itu menggambarkan alun-alun Barat Kota Depok dengan sebuah menara tinggi dan dua jembatan di atas Situ Tujuh Muara.

Proyek pembangunan alun-alun barat Kota Depok akan dimulai pada tahun 2023 mendatang. 

Rencananya, proyek ini dikerjakan secara bersama oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. 

Baca juga: Ridwan Kamil Wacanakan Proyek Kolaborasi Alun-alun Kota Depok, Pemprov Jabar Anggarkan Rp 30 Miliar

"Anggaran bisa dari provinsi atau gabungan tahun depan bisa dikerjakan. Ada anggaran tahunan dari provinsi program strategis saja, kisarannya tergantung luas, dari Rp 15 sampai 30 miliar," kata Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di Situ Tujuh Muara, Bojongsari, Depok pada Senin (14/2/2022), sore. 

Adapun alun-alun barat Kota Depok diproyeksikan terletak di Situ Tujuh Muara. Hal tersebut dimaksudkan untuk merayu warga agar datang ke alun-alun yang diharapkan menjadi tempat wisata keluarga. 

"Lokasinya istimewa karena nempel dengan Situ Tujuh Muara. Belum ada gambaran seperti apa alun-alun akan dibangun, namun harus ada ikon agar orang ke sini bisa foto-foto, bisa kami bikin menara di tengah pulau kecil," sambung Ridwan Kamil. 

Baca juga: Resmikan Pembangunan Underpass Dewi Sartika, Ridwan Kamil: Omicron Bukan Hambatan untuk Produktif

Sementara itu, Wali Kota Depok, Mohammad Idris berharap Pemprov dapat memberikan suportif dalam upaya realisasi alun-alun barat Kota Depok. 

"Karena kemarin kami hitung-hitung duit kita kayaknya ada yang kepepet, mangkanya harus melirik ke Pemprov," kata Idris. 

Selain kolaborasi dengan Pemprov, pembangunan alun-alun barat juga akan menggandeng PT Pakuan sebagai pihak ketiga. 

"Itu rencana anggaran tahun 2023 memang ada semacam program tematik dari provinsi, diantaranya soal alun-alun itu dianggarkan per alun-alun Rp 20 miliar, itu tergantung luasnya," jelas Idris. 

Baca juga: Dapat Jatah 350 Ton, Ridwan Kamil Sebut Kota Depok Kini Bisa Buang Sampah ke TPPAS Lulut-Nambo

Sore itu, Ridwan Kamil bersama sejumlah pejabat Pemprov Jawa Barat dan Pemkot Depok meninjau lokasi Situ Tujuh Muara

Mereka juga menjajal wahana perahu wisata yang disediakan. Sembari mengarungi Situ Tujuh muara, Ridwan Kamil sempat menggambar rancangan alun-alun barat Kota Depok. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved