Breaking News:

Pancoran Mas Depok

Akibat Pandemi Covid-19, Stok Darah di PMI Depok Berkurang Setengah dari Kebutuhan

Dudi menyebutkan, sejak awal pandemi Covid-19 melanda Indonesia di tahun 2020 hingga kini, stok darah di Depok mulai menipis.

Penulis: Mochammad Dipa | Editor: murtopo
TribunnewsDepok.com/Mochammad Dipa
Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok Dudi Miraz, saat menghadiri kegiatan donor darah yang mulai berlangsung Selasa (16/11/2021) di gedung serbaguna lantai 5 RS Hermina Depok. Kegiatan ini dilaksanakan rutin setiap Selasa pukul 09.00-11.00 WIB dan Jumat 08.00-10.00. WIB. 

Laporan Wartawan TribunnewsDepok.com, Mochammad Dipa

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, Pancoran Mas - Pemkot Depok melalui PMI Kota Depok bekerja sama dengan Rumah Sakit (RS) Hermina Depok menyelenggarakan kegiatan donor darah yang mulai berlangsung Selasa (16/11) di gedung serbaguna lantai 5 RS Hermina Depok.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok Dudi Mi’raz, mengatakan kegiatan donor darah ini merupakan bagian dari layanan rumah sakit dalam mencari darah untuk para pasien di rumah sakit yang membutuhkan darah.

"Ini bagian dari kerja sama dengan pihak rumah sakit untuk memberikan pelayanan dalam bentuk mencari darah untuk pasien di beberapa rumah sakit," ucap Dudi saat menghadiri kegiatan donor darah di RS Hermina Depok, Selasa (15/11/2021).

Dudi menyebutkan, sejak awal pandemi Covid-19 melanda Indonesia di tahun 2020 hingga kini, stok darah di Depok mulai menipis.

Baca juga: Stok Darah di Kota Depok Menipis, Rumah Sakit Hermina Gelar Donor Darah

"Karena kami (PMI Kota Depok) merasa diawal 2020 sampai sekarang ini kita kekurangan stok darah. Jadi saya bersyukur teman-teman rumah sakit mengundang kami untuk melakukan pelayanan donor darah," sebut Dudi.

Dudi mengatakan, karena jumlah stok darah yang menipis, maka cara pemberian darah bagi pasien yang memerlukan darah menggunakan metode donor darah pengganti dari pihak keluarga.

"Ini terjadi dimana-mana, bukan hanya di unit transfusi darah (UTD) Kota Depok saja, tapi dibeberapa Kabupaten seperti di Cibinong, Kabupaten Bogor dan Kota Bogor juga sama, makannya giat seperti ini saya berharap dilanjutkan dua bulan sekali atau sesuai ketentuan tiga bulan sekali," jelas Dudi.

Baca juga: Bantu Penanganan Covid-19, PMI Kabupaten Bogor Dapat Piagam Penghargaan dari Ade Yasin

Dudi menjelaskan, stok darah yang dibutuhkan Kota Depok setiap bulannya mencapai 2.500 kantong. Jumlah tersebut untuk mencukupi melayani beberapa rumah sakit dan rumah bersalin.

"Yang sudah kerja sama dengan PMI Kota Depok ada 18 rumah sakit yang termasuk didalamnya rumah bersalin," ujarnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved