UI Depok

UI Depok Persiapkan Bus Listrik Baru dengan Nama UI-MAB E-Bus, Tahun 2023 Ditargetkan Rampung

Universitas Indonesia mempersiapkan bus listrik baru. Namanya UI-MAB E-Bus. Bus tersebut rencananya rampung pada tahun 2023.

Dok. Universitas Indonesia
UI Depok Persiapkan Bus Listrik Baru dengan Nama UI-MAB E-Bus, Tahun 2023 Ditargetkan Rampung. 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, PANCORAN MAS - UI Depok persiapkan bus listrik baru dengan nama UI-MAB E-Bus, tahun 2023 ditargetkan rampung.

"The Future of Electric Vehicles in Indonesia" menjadi tema pada hari kelima pelaksanaan Bulan Inovasi Universitas Indonesia (UI), yang diisi dengan sesi kuliah umum.

Pada sesi tersebut, pembahasan difokuskan pada prospek dan tantangan dalam mengembangkan kendaraan berbahan bakar listrik sebagai moda kendaraan utama di masa depan.

Dari siaran pers UI, hadir sebagai pembicara kunci adalah Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, Ph.D., Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Ir. Budi Karya Sumadi, dan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Irjen Pol. (Purn.) Drs. Budi Setiyadi.

Prof. Ari menyatakan bahwa kegiatan seminar daring pada hari ke-5 ditujukan sebagai ajang untuk mempertemukan ide seputar pengembangan mobil listrik nasional dari berbagai pemangku kepentingan.

Baca juga: Program Vaksinasi Jemput Warga Menargetkan 6.300 Warga Depok Disuntik Vaksin Covid-19

Mulai dari perguruan tinggi, pihak swasta, hingga pemerintah. Di antaranya adalah UI, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Institut Teknologi Bandung (ITS), Universitas Sebelas Maret (UNS), PT Mobil Anak Bangsa, dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan Kementerian Keuangan RI (LPDP RI).

Kehadiran para pemangku kepentingan tersebut bertujuan untuk meningkatkan  kolaborasi dan sinergi berbagai elemen mulai dari universitas, industri sebagai lembaga produksi, dan distribusi.

Kemudian juga pemerintah sebagai lembaga penyokong dalam pembuatan kebijakan atau regulasi untuk mewujudkan target 30 % kendaraan listrik di Indonesia pada tahun 2030,

“Mobil listrik merupakan masa depan dunia yang akan menjadi moda transportasi utama dalam beberapa waktu ke depan. Sesi diskusi panel nantinya akan menghadirkan perwakilan dari beberapa perguruan tinggi dan pemangku kepentingan lainnya,' ujar Prof Ari Kuncoro.

Baca juga: Korps Brimob Polri Gelar Vaksinasi Covid-19 Warga Disabilitas di Beji Depok, Ini Kata Mohammad Idris

Budi Karya menyambut baik penyelenggaraan kegiatan ini dan berharap dapat menjadi ajang edukasi bagi masyarakat awam untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mereka seputar urgensi dan manfaat keberadaan mobil listrik khususnya terhadap lingkungan.

“Mobil listrik merupakan moda transportasi masa depan dan ramah lingkungan yang dapat membuat bumi bebas dari polusi udara, karena tidak mengeluarkan emisi gas dari dalam kendaraan,” ujar Budi.

Saat ini, UI (dalam hal ini melalui Departemen Teknik Metalurgi dan Material FTUI) melakukan pengembangan baterai ion-lithium hemat energi.

Pengembangan baterai ini penting karena baterai merupakan salah satu komponen utama dalam kendaraan listrik yang mewakili 12-25

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved