Depok Hari Ini

Kota Depok Tingkat Kemiskinannya Terendah Ke-5 di Indonesia, Ini Komentar Imam Budi Hartono

Ini komentar Imam Budi Hartono, Wakil Wali Kota Depok soal tingkat kemiskinan Kota Depok ke-5 terendah seluruh Indonesia.

Penulis: dodi hasanuddin | Editor: dodi hasanuddin
Istimewa
Kota Depok Tingkat Kemiskinannya Terendah Ke-5 di Indonesia, Ini Komentar Imam Budi Hartono 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, JAKARTA - Kota Depok tingkat kemiskinannya terendah ke-5 di Indonesia, Ini komentar Imam Budi Hartono.

Badan Pusat Statistik (BPS) telah merilis prosentase penduduk miskin di kota dan kabupaten Indonesia.

Prosentasi penduduk miskin ini tahun 2021-2022.

Baca juga: Imam Budi Hartono Pamerkan Buah Unggulan Kota Depok yang Seukuran Wajah

Daari data yang disampaikan BPS, Kota Depok berada di peringkat kelima dengan prosentase, 2,53 persen.

Peringkat pertamanya adalah Kota Sawah Lunto dengan 2,28 persen. Peringkat kedua ditempati Kota Balikpapan dengan prosentase 2,45 persen.

Kemudian di peringkat ketiga adalah Kota Bang Barat dengan prosentase 2,46 persen. Lalu Kota Tangerang Selatan di urutan keempat dengan prosentase 2,50 persen.

"Alhamdulillah Kota Depok tingkat kemiskinan terendah ke-5 se Indonesia," kata Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono, Sabtu (21/1/2023).

Imam Budi menjelaskan, keberhasilan Kota Depok tersebut tak lepas dari kerja keras Pemkot Depok. Selain itu juga berkat dukungan berbagai eleman masyarakat Kota Depok.

"Kami tidak berhenti di sini. Kami akan terus menekan angka kemiskinan di Kota Depok. Salah satunya melalui program Kartu Depok Sejahtera (KDS)," ujar politisi PKS itu.

Sebelumnya pada Maret 2022, BPS merilis 10 besar kota/kabupaten dengan persentase penduduk miskin terendah di Indonesia.

Dari kesepuluh daerah itu, Kota Depok menempati urutan ketiga dengan presentase sebesar 2,58 persen.

Baca juga: Komunitas Fesyen Depok KFD Berbagi Ilmu, Hadirkan Ning Santoso Pemilik Butik De ChantiQue

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, Kota Depok berada di posisi ketiga dari 514 kota/kabupaten se-Indonesia. Sambungnya, capaian ini patut disyukuri oleh pemerintah dan masyarakat Kota Depok.

Dadang menuturkan, capaian tersebut merupakan kerja sama semua pihak yang terlibat dalam pembangunan di Kota Depok. Meski demikian, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan tetap mewaspadai situasi pandemi Covid-19 yang memberikan dampak terjadinya peningkatan angka kemiskinan.

"Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Depok juga Alhamdulillah tertinggi ketiga di Jawa Barat  yaitu 81,37, setelah Kota Bandung dan Kota Bekasi," tuturnya.

Dadang menyatakan bahwa berbagai langkah telah dipersiapkan dan dilakukan Pemkot Depok dalam menekan tingkat kemiskinan.

Di antaranya melalui program unggulan yaitu 5.000 pengusaha baru dan 1.000 perempuan pengusaha, serta menyelesaikan persoalan mis-match atau ketidakcocokan antara angkatan kerja dan kebutuhan dunia kerja.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved