Persija Jakarta

Pengamanan Pertandingan Persija Kontra Persib, Polisi tidak Berjaga di dalam Stadion

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim menuturkan bahwa pola pengamanan pertandingan sepak bola saat ini agak berbeda dengan sebelumnya.

Penulis: Cahya Nugraha | Editor: murtopo
Tribun Jabar
Persija akan bertandang ke kandang Persib di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada Rabu (11/1/2023) 

Laporan wartawan wartakotalive.com, Cahya Nugraha

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, BOGOR - Dalam hal keamanan jelang laga Persija kontra Persib yang akan berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada Rabu (11/1/2023) Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim menuturkan bahwa pola pengamanan saat ini agak berbeda dengan sebelumnya.

Pengamanan kali ini menggunakan Perpol 10 tahun 2022, tentang pengamanan kompetisi olah raga. 

"Dimana hal yang paling terlihat yaitu pembagian zona pengamanan," ungkap Ibrahim kepada Wartakotalive.com saat dihubungi, Senin (9/1/2023). 

Adapun pembagian zona pengamanan tersebut, terbagi menjadi zona 1 dan 2.

"Zona 1, seluruh stadion baik lapangan, tribun, sarana dan lokasi dalam gedung, pengamanan oleh safety and steward. Zona 2, luar gedung dan sarana, pengamanan akan dilakukan oleh aparat negara (polri, TNI, instansi)," ungkapnya. 

Ibrahim menambahkan, apabila ada suatu insiden, maka akan dilakukan koordinasi antara stewards dengan petugas pengaman kepolisian yang berjaga di luar. 

Baca juga: 3505 Personel Gabungan TNI dan Polri Siap Amankan Laga Persija Kontra Persib Rabu Ini

"Penyampaian terlebih dahulu kepada steward untuk meminta bantuan. Kemudian pihak kepolisian akan menindaklanjuti sesuai dengan permintaan steward tersebut," jelas Ibrahim. 

"Pola PAM zona 2 tersebut dilaksanakan dengan sistem ring berlapis untuk meregulasi penonton," sambung Ibrahim.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim menyebtukan bahwa sebanyak 3505 personel gabungan siap dikerahkan untuk mengamankan laga Persib kontra Persija, Rabu (11/1/2023) ini.
Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim menyebtukan bahwa sebanyak 3505 personel gabungan siap dikerahkan untuk mengamankan laga Persib kontra Persija, Rabu (11/1/2023) ini. (TribunnewsDepok.com/Cahaya Nugraha)

Baca juga: Persib Vs Persija di Stadion GBLA, Bobotoh Bogor Siap Berangkat ke Bandung

Sebagai informasi, 3505 personel gabungan siap dikerahkan untuk memberikan keamanan dalam laga tersebut. 

"Rencana Pasukan Pengamanan Masyarakat (PAM) sendiri, kita sudah mempersiapkan 3505 personel terdiri dari Polrestabes, Polda dan TNI serta instansi lain," tutup Ibrahim. (M33) 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved