Breaking News:

Berita UI

Peringkat Inovasi Indonesia di Bawah Negara Asia Tenggara, SKSG UI Gelar Kompetisi Inovasi Nasional

SKSG UI gelar Kompetisi Inovasi Tingkat Nasional Three-Minute Telling-Innovation Competition. Hal ini karena inovasi Indonesia di bawah Asia Tenggara.

Penulis: dodi hasanuddin | Editor: dodi hasanuddin
Humas dan KIP UI
Peringkat Inovasi Indonesia di Bawah Negara Asia Tenggara, SKSG UI Gelar Kompetisi Inovasi Nasional 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, BEJI - Peringkat inovasi Indonesia di bawah negara Asia Tenggara, SKSG UI gelar Kompetisi Inovasi Nasional.

Demi meningkatakn inovasi di Indonesia Universitas Indonesia menggelar Kompetisi Tingkat Nasional Three-Minute Telling-Innovation Competition (TMTiC) 2022.

Kompetisi tersebut dilaksanakan Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI).

Baca juga: Universitas Indonesia - BSI Perkuat Penanganan Gawat Darurat dalam Kampus untuk Civitas Akademika UI

Bertajuk “Inovasi dan Daya Cipta untuk Indonesia Emas 2045: 100 Tahun Kemerdekaan” guna menumbuhkan ekosistem inovasi di kalangan akademisi dan masyarakat umum.

Berdasarkan Indeks Inovasi Global yang dirilis World Intellectual Property Organization (WIPO), pada tahun 2021 peringkat inovasi Indonesia berada di bawah negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara.

Di antaranya adalah Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina.

Padahal, pendapatan domestik bruto atau gross domestic product (GDP) Indonesia jauh di atas negara-negara tersebut. Selama 10 tahun terakhir ini, Indonesia selalu berada di bawah Singapura.

Hal tersebut tentu menjadi perhatian bersama mengingat Indonesia diproyeksikan akan memperoleh capaian tertinggi pada 2045 (Indonesia Emas 2045), yakni saat 70 persen penduduk Indonesia adalah mereka yang berusia produktif (15–64 tahun).

Semua pihak harus turut menghidupkan trend dan budaya berinovasi di Indonesia agar berbagai peluang dapat dimanfaatkan untuk menemukan solusi dalam menghadapi tantangan.

Kompetisi ini berlangsung pada Agustus–November 2022 dengan puncak acara diadakan pada Rabu (7/12), di Ruang Apung Danau Kenanga, Perpustakaan UI, Kampus Depok.

Baca juga: Pemilu 2024, Dekan FISIP Universitas Indonesia Tekankan Etnisitas Dalam Dunia Politik

Direktur SKSG UI, Athor Subroto, Ph.D., mengatakan,  TMTiC merupakan transformasi dariThree Minutes Thesis Competition yang diselenggarakan setiap tahun oleh SKSG.

Transformasi ini menjadi lebih luas karena menekankan kepada inovasi, bukan sekadar tesis.

“Saya mengucapkan selamat kepada para finalis yang terseleksi dengan ketat. Inovasi yang disampaikan oleh para peserta tentunya menyulitkan para dewan juri untuk memilih yang terbaik dari 9 finalis terpilih. Dewan juri harus secara detail melihat bagaimana inovator-inovator ini nantinya bisa mendukung Indonesia Emas pada 2045,” kata Athor.

Kompetisi TMTiC 2022 diikuti oleh para peserta yang merupakan mahasiswa dari berbagai jenjang pendidikan serta masyarakat umum.

Imam Budi Hartono Raih Juara II Lomba Inovasi dan Daya Cipta untuk Indonesia Emas 2045
Imam Budi Hartono Raih Juara II Lomba Inovasi dan Daya Cipta untuk Indonesia Emas 2045 (Istimewa)
Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved