Metropolitan

Dapat Hibah Jalan Senilai Rp217 Triliun, Ketua Komisi D DPRD DKI Bingung Soal Perawatan Setiap Tahun

Dapat Hibah Jalan Senilai Rp217 Triliun, Ketua Komisi D DPRD DKI Bingung Soal Perawatan Setiap Tahun

Editor: Dwi Rizki
Warta Kota/Yolanda Putri Dewanti
Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, JAKARTA - Legislatif dan eksekutif di DKI Jakarta belum maksimal menganggarkan duit untuk biaya pemeliharaan jalan pasca terima hibah jalan senilai Rp 217 triliun dari pemerintah pusat.

Anggaran pemeliharaan sekitar Rp 400 miliar pada tahun 2023 diproyeksi tidak mampu menutupi kebutuhan perawatan jalan bila rusak.

 

Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah mengatakan, rencana alokasi perawatan jalan itu sebetulnya telah dibahas dalam rapat bersama eksekutif.

Namun dewan sempat mempertanyakan apakah eksekutif mampu memberikan perawatan dengan maksimal di tahun 2023.

“Ini kan di awal (tahun 2023) dan juga belum pasti berapa yang harus kami siapkan untuk anggaran itu. Walaupun juga sudah ada beberapa anggaran yang memang untuk perawatan jalan protokol, tapi memang kalau bicara maksimal atau tidak, ya tidak bisa maksimal karena ini beban baru, tugas baru, jadi mau tidak mau memang kami anggarkan,” kata Ida pada Sabtu (10/12/202).

 

Menurut dia, pemberian hibah berupa jalan senilai Rp 217 triliun merupakan sesuatu yang dilematis bagi DKI.

Pemerintah daerah sebetulnya bersyukur asetnya bertambah, namun di sisi lain harus mengeluarkan duit ekstra untuk biaya perawatan agar masyarakat yang menggunakannya merasa nyaman dan aman.

 

“Dapat hibah kesannya tuh senang ya, di satu pihak lagi kami langsung berpikir berapa yang harus disiapkan untuk perawatan setiap tahunnya. Karena semua jalan pasti akan ada perawatan dan ini menjadi tugas baru,” ujar Ida dari Fraksi PDI Perjuangan ini.

Baca juga: Ini Profil Sangga Munggaran Putra Mahasiswa Vokasi UI yang Meraih Medali Emas Hoki Es di Thailand

Baca juga: Perankan Sosok Dewasa Dalam Film Mangkujiwo 2, Yasamin Jasem Akui Terbantu Marthino Lio

Seingat Ida, DPRD DKI Jakarta telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp 400 miliar untuk biaya perawatan jalan di Ibu Kota. Jalan yang diperbaiki tidak hanya untuk ruas jalan protokol, tapi ada juga yang berkategori jalan lingkungan.

 

“Jalan di kami (Pemerintah DKI) memang kan ada jalan nasional yang besar, ada jalan sedang, ada jalan lingkungan. Nah itu kalau ditotal (anggaran perawatan) memang sekitar Rp 400-an miliar,” imbuhnya.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved