Gempa Bumi di Cianjur

Presiden Joko Widodo Kunjungi Kecamatan Cugenang Lokasi Paling Parah Akibat Gempa Bumi di Cianjur

Presiden Jokowi mengatakan bahwa dirinya datang ke Kecamatan Cugenang lantaran di wilayah tersebut merupakan episentrum gempa bumi di Cianjur.

Editor: murtopo
Tribun Jabar
Presiden Joko Widodo mengunjungi SDN 2 Sukamaju, Cugenang Kabupaten Cianjur yang menjadi sekolah yang Paling Terdampak Karena Gempa Bumi Cianjur. 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM -- Presiden Joko Widodo mengunjungi SDN 2 Sukamaju, Cugenang Kabupaten Cianjur yang menjadi sekolah yang Paling Terdampak Karena Gempa Bumi Cianjur.

Selain meninjau langusung kondisi sekolah yang rusak, Presiden juga menyapa sejumlah korban yang sebagian besar para ibu dan anak-anak.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa dirinya datang ke Kecamatan Cugenang lantaran di wilayah tersebut merupakan episentrum gempa bumi di Cianjur.

"Saya datang ke Cugenang ini karena memang ini episentrumnya, dan (lokasi) yang paling parah, terutama untuk rumah rumah yang roboh dan yang meningap yang paling banyak di sini," ujar Presiden.

Lebih lanjut Presiden Jokowi mengatakan bahwa sebelum ke SDN 2 Sukamaju dirinya juga menyempatkan diri untuk mendatangi rumah sakit.

"Memang awalnya ada 741 pasein yang masuk rumah sakit, tapi saat ini tinggal 24, karena ada yg dirujuk ke Jakarta dan Bandung dan yang lain sudah boleh pulang, ujar Presiden Jokowi.

Baca juga: Presiden Jokowi Kembali Kunjungi Korban Gempa Bumi di Cianjur Pastikan Proses Evakuasi Berjalan Baik

Kata Presiden Jokowi saat ini yang paling penting setelah proses evakuasi korban selesai dan pendistribusian bantuan sudah merata menjangkau semua lokasi terdampak gempa, selanjutnya pemerintah akan mengupayakan rehablitasi.

"Seperti yang sudah saya katakan pemerintah akan memberikan bantuan Rp 50 juta untuk rumah yang rusak berat, Rp 25 juta untuk rumah yang rusak sedang serta Rp 10 juta untuk rumah yang rusak ringan, ujarnya.

Sementara untuk mekanisme pembangunannya ada berbagai cara ada yang dibangun oleh kementerian PU, dibangun dibantu TNI dan dibangun oleh warga sendiri.

Baca juga: Presiden Joko Widodo Kunjungi Lokasi Gempa Bumi di Cianjur, Warga Akan Dibangunkan Rumah Anti Gempa

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved