Metropolitan

Dinas Lingkungan Hidup DKI Denda Sopir Truk Pembuang Tinja di Hutan Kota Dekat UKI Sebesar Rp 5 Juta

Dinas Lingkungan Hidup DKI Denda Sopir Truk Pembuang Tinja di Hutan Kota Dekat UKI Sebesar Rp 5 Juta

Editor: Dwi Rizki
Warta Kota
Ilustrasi truk tinja 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, JAKARTA - Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta menjerat sopir truk tangki berinisial E yang nekat membuang tinja sembarangan dengan denda Rp 5 juta.

Denda diberikan setelah Bidang Pengawasan dan Penataan Hukum (PPH) Dinas LH DKI Jakarta membuat berita acara pemeriksaan (BAP) kepada yang bersangkutan.

 

“Pelanggar dikenakan sanksi administrasi berupa denda uang paksa sebesar Rp 5 juta yang disetorkan ke kas daerah melalui Bank DKI cabang Dinas LH DKI Jakarta,” kata Kepala Dinas LH DKI Jakarta Asep Kuswanto pada Selasa (22/11/2022).

Selain menjatuhkan sanksi denda, kata Asep, Dinas LH juga merekomendasikan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DKI Jakarta untuk mencabut izin usahanya.

Dalam proses BAP, ungkap dia, E mengakui perbuatannya telah membuang tinja di saluran yang ada di dekat Hutan Kota Universitas Kristen Indonesia (UKI), Jakarta Timur pada Minggu (20/11/2022) lalu.

 

“Penyidik pegawai negeri sipil (PPNS) bidang PPH membuat BAP terhadap pengemudi mobil truk tinja berinisial E yang hadir di Kantor Dinas LH untuk memberikan keterangan terkait kejadian tersebut,” ujar Asep.

 

Menurut dia, kasus ini terungkap setelah Dinas LH mendapat video viral di media sosial Instagram yang menampilkan oknum sopir truk membuang tinja dari pelanggannya di saluran air.

Dinas LH lalu berkoordinasi dengan Satuan Pelaksana LH Kecamatan di Jakarta Timur untuk mengidentifikasi pangkalan truk tinja swasta yang beroperasi di wilayah tersebut.

Baca juga: Rumah Satu Keluarga Tewas di Kalideres Sudah Tak Steril, Kombes Hengki Sebut Dirusak Warga

Baca juga: Belum Dapat Bantuan, Warga Terdampak Gempa Bumi di Cianjur Sampai Ngutang ke Warung untuk Makan

“Selanjutnya Bidang PPH berkoordinasi dengan Ditlantas Polda Metro Jya terkait identitas kepemilikan truk tangki tinja B 9631 UFA. Tim kemudian mendapat informasi pengemudi kendaraan atas nama Bapak E dan mendapatkan nomor telepon yang bersangkutan,” ungkap Asep.

 

Setelah mendapat nomor teleponnya, tim menghubungi pengemudi untuk dimintai keterangan. Sopir truk dan kernet lalu berseddia datang ke Kantor Dinas LH di Cawang berikut membawa mobil truk tangki bernomor B 9631 UFA tersebut.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved