Depok Hari Ini

Pemkot Depok Bangkitkan Ekonomi dengan Menggelar Produk UMKM

produk yang ditawarkan dalam bazaar tersebut terdiri dari tiga sektor yakni kuliner, kerajinan tangan, fesyen

TribunnewsDepok.com
Elly Farida (kedua dari kanan) Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) sekaligus Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) mengunjungi langsung produk UMKM DKerens beberapa waktu lalu. 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, PANCORAN MAS - Seperti kita ketahui Presiden Joko Widodo, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menko Maritim dan Investasi Luhut B. Pandjaitan kompak membagikan ancaman kondisi ekonomi global yang melemah.

Ketiganya mengungkapkan situasi dunia yang terancam krisis mengerikan dan mengancam pemulihan ekonomi Indonesia.

Tiga serangkai ini meminta masyarakat dan semua pihak menyiapkan diri agar tekanan yang dihadapi bisa diantisipasi lebih dini.

Pemkot Depok melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) dengan sigap mengantisipasi hal tersebut, melalui Program Penciptaan 5.000 Wirausaha Baru dan 1.000 Perempuan Pengusaha, dengan brand program UMKM DKERENS.

Baca juga: Bikin Bangga, Universitas Indonesia Jadi Tuan Rumah Konferensi QS Higher Ed Summit Asia Pasifik 2022

Peserta bukan hanya di latih, tapi juga didampingi, diberi akses pemasaran, akses perijinan, desain logo dan kemasan, pelaporan keuangan hingga akses permodalan.

Untuk memperkuat akses pasar selain mendorong UMKM untuk melek digital, Pemkot Depok juga melakukan Bazar yang menghadirkan produk-produk terbaik dari 11 kecamatan binaan DKUM Kota Depok.

Acara yang digelar tanggal 3-4 November 2022 di Kantor Walikota Depok berhasil menyedot perhatian para pengunjung.

Baca juga: QS Higher Ed Summit Asia Pasifik 2022, Maruf Amin Harapkan Perguruan Tinggi Indonesia Diakui Dunia

 Melihat antusias dari pengunjung dan peserta Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Depok, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Depok memberikan wadah kembali bagi para UMKM Depok.

Terutama para Wirausahawan Baru (WUB) pada tanggal 5-6 November 2022 di Lapangan Parkir Kecamatan Sukmajaya.

Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Mikro Dinas Koperasi dan UMKM (DKUM) Kota Depok, Nani Zara mengatakan, kegiatan bertema Beli Produk UMKM Kota Depok dimulai dari pukul 09.00 - 16.00 WIB.

bazaar produk UMKM DKerens yang digelar Pemerintah Kota Depok di akhir pekan lalu
bazaar produk UMKM DKerens yang digelar Pemerintah Kota Depok di akhir pekan lalu (TribunnewsDepok.com)

"Kami berharap dengan adanya acara ini bukan  hanya mampu mencetak penjulan, tapi juga saling menularkan semangat optimisme memasuki tahun 2023" papar Nani Zara, Rabu (8/11/2022).

Di kesempatan yang lain Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono menyampaikan selalu ada peluang disetiap kesempitan, apapun kondisinya optimisme adalah cara terbaik untuk menghadapinya.
 
Selain  bazaar UMKM, disediakan juga tenda dinas kesehatan untuk memberikan pelayanan cek kesehatan yang diberikansecara cuma-cuma alias gratis.

Baca juga: Wakil Wali Kota Depok Larang Warga Parkir di Trotoar, Parkir Akan Disediakan di Kantor Pemda

Kegiatan ini menghadirkan produk-produk UMKM dari 7 kecamatan Kota Depok.

Yakni Kecamatan Beji, Cilodong, Cimanggis, Pancoran Mas, Sukmajaya, Tapos dan Cipayung yang terdiri dari tiga sektor, yaitu kuliner, kerajinan tangan dan fashion.

Adapun 4 kecamatan lain akan diadakan kegiatan serupa ditempat yang berbeda. 
 
Selain kegiatan bazaar, kegiatan ini juga dimeriahkan dengan sesi Talkshow bersama Andika Ramadhan yang tak lain merupakan Anak Jalanan yang sekarang sukses jadi CEO Clorismen) dengan tema Muda, Keren, Energik, Sukses pada hari Minggu, 6 November 2022 Jam 13.00 WIB beserta acara hiburan lainnya.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved