Gempa Bumi

Gempa Bumi Terjadi di Laut 87 Kilometer Barat Daya Kota Sukabumi, Getaran Sampai ke Bandung

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika gempa dengan magnitudo 4,7 terjadi di lokasi 7.70 LS, 106.88 BT

Penulis: murtopo | Editor: murtopo
BMKG.go.id
Gempa bumi terjadi di Sukabumi Jawa Barat pada Senin (31/10/2022) pukul 10.10 WIB. 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, SUKABUMI -- Gempa bumi terjadi di Sukabumi Jawa Barat pada Senin (31/10/2022) pukul 10.10 WIB.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika gempa dengan magnitudo 4,7 terjadi di lokasi 7.70 Lintang Selatan, 106.88 Bujur Timur.

Pusat gempa berada di laut 87 kilometer Barat Daya Kota Sukabumi dengan kedalaman 20 Kilometer.

Gempa yang terjadi di Sukabumi tersebut dirasakan di Garut Selatan dengan Skala MMI (Modified Mercally Intensity) III, Tasik MMI III, Pangandaran MMI III, Cianjur MMI III, Pangandaran MMI III, Bandung Barat MMI II dan III, Majalengka MMI II dan III, Sukabumi MMI III, Bayah, MMI II dan III, Gunung Kencana MMI II dan IIIm Kota Bandung MMI II.

Berikut ini keterangan di setiap kategori Skala MMI

I

Tidak terasa.

II

Terasa hanya oleh orang dalam keadaan istirahat, terutama di tingkat-tingkat atas bangunan atau tempat-tempat yang tinggi.

III

Terasa di dalam rumah, tetapi banyak yang tidak menyangka kalau ada gempa bumi. Getaran terasa seperti ada truk kecil lewat.

IV

Terasa di dalam rumah seperti ada truk besar lewat atau terasa seperti ada barang berat yang menabrak dinding rumah. Barang yang bergantung bergoyang-goyang, jendela dan pintu berderik, barang pecah-belah pecah, gelas-gelas gemerincing, dinding dan rangka rumah berbunyi.

V

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved