Berita Nasional

Moderasi Beragama di Kalangan Siswa, Kementerian Agama Gelar Festival dan Gebyar PAI 2022

Moderasi Beragam di Kalangan Siswa, Kementerian Agama Gelar Festival dan Gebyar PAI 2022

Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Dirjen Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama, M Ali Ramdhan dalam Festival dan Gebyar PAI Tahun 2022 di International Conference and Exhibition (ICE) BSD, Serpong, Banten pada Rabu (26/10/2022). 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, JAKARTA - Moderasi beragama di kalangan siswa, Kementerian Agama menggelar Festival dan Gebyar PAI Tahun 2022 di International Conference and Exhibition (ICE) BSD, Serpong, Banten pada 25 – 27 Oktober 2022.

 

“Saat ini moderasi beragama menjadi salah satu program dan kebijakan unggulan yang diterapkan Kementerian Agama,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nizar Ali dalam keterangan tertulis pada Rabu (26/10/2022).

 

Ali mengatakan, Kementerian Agama sangat mengapresiasi siswa non-muslim yang turut berkompetisi dalam kegiatan Festival dan Gebyar PAI Tahun 2022.

Terlibatnya siswa non-muslim dalam ajang ini menjadi penanda penting kebijakan moderasi beragama.

“Kondisi ini menunjukan wujud nyata sikap membangun kebersamaan dalam perbedaan. Tantangan terhadap sikap moderat sebagai nilai dasar moderasi beragama senantiasa membayangi, lebih-lebih derasnya arus informasi yang sulit dibendung para pelajar,” katanya.

 

“Festival dan Gebyar PAI Tahun 2022 yang banyak memakai dukungan teknologi informasi dalam pelaksanaan maupun ide dasarnya adalah jawaban cerdas terhadap tantangan tersebut,” sambungnya.

 

Sementara itu Direktur Jenderal Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani, menyatakan optimisme dan harapannya atas pelaksanaan Festival dan Gebyar PAI Tahun 2022. Kata dia, terdapat 316.576 lembaga sekolah, diisi 38 juta siswa muslim, dibimbing 238.644 GPAI, dan disupervisi 2.272 pengawas yang menjadi stakeholder Moderasi Beragama dan Pendidikan Agama Islam di sekolah.

Baca juga: Pengamat : Pembangunan BTS Tingkatkan Kesejahteraan dan taraf Hidup Masyarakat di Daerah 3T

Baca juga: Channel Youtube Ria Ricis Diretas Hacker Amerika Serikat, Ini Kerugian yang Dialami Istri Teuku Ryan

“Ini adalah modal sosial yang luar biasa yang dapat mewarnai dan mengubah peradaban. Rangkaian kegiatan Festival dan Gebyar PAI Tahun 2022 ini kami harapkan mampu menjadi inspirasi bersama bahwa insan Pendidikan Agama Islam di Sekolah mampu beradaptasi secara positif dan kreatif dalam konteks penguatan dan implementasi Moderasi Beragama,” kata Dhani.

 

Menurutnya, konsep lomba Festival PAI Tahun 2022 bagi siswa SMA dan SMK diwujudkan dalam bentuk lomba Islamic Trending Issues Debate Competition, Islamic Content Creator Challenge on Social Media, dan Moderasi Beragama Innovation Project. Sementara itu, bagi siswa dan Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) jenjang PAUD/TK, disediakan lomba Karya Inovasi Pembelajaran PAI di TK, lomba Cipta Lagu Moderasi Beragama, Dai Cilik (putra/putri), dan hafalan surat pendek (putra/putri).

 

Semua lomba itu, telah melalui seleksi nasional secara berjenjang hingga fase final. Dengan dukungan teknologi informasi, pihaknya yakin upaya mempercepat diseminasi moderasi beragama di kalangan siswa dapat lebih ditingkatkan.

 

Selain menggelar berbagai kegiatan yang bersifat kompetisi, Festival dan Gebyar PAI Tahun 2022 diadakan dengan menyelenggarakan ekshibisi penampilan para siswa pada berbagai jenjang pendidikan, display karya ilmiah para Guru PAI, dan pelatihan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) bagi GPAI dan siswa.

Pameran karya ilmiah tersebut berupa showcase 45 Jurnal Ilmiah PAI yang penyusunan dan penerbitannya didorong dan difasilitasi oleh Direktorat Pendidikan Agama Islam.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved