Kabupaten Bogor

Iwan Setiawan Harap Kades yang Sekolah Pemerintah Desa di IPB University Bisa Memajukan Wilayahnya

Sekolah Pemerintahan Desa atau Kades di Kabupaten Bogor ini menjadi salah satu program Pancakarsa, yaitu Karsa Bogor Maju.

Penulis: Hironimus Rama | Editor: murtopo
Tribunnewsdepok.com/Hironimus Rama
Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan menyebtukan sebanyak 165 kepala desa (kades) di Kabupaten Bogor mengikuti program Sekolah Pemerintah Desa di IPB University. 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com Hironimus Rama

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, CIBINONG - Sebanyak 165 kepala desa (kades) di Kabupaten Bogor mengikuti program Sekolah Pemerintah Desa di IPB University.

Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan sekolah pemerintah desa sangat penting untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas kepala desa dalam memimpin lembaganya, organisasi serta masyarakatnya.

"Sekolah Pemerintahan Desa ini penting untuk meningkatkan kapasitas para kepala desa agar pelaksanaan program pembangunan Kabupaten Bogor, baik infrastruktur, peningkatan kualitas sumber daya manusia, sosial dan ekonomi bisa tepat sasaran dan optimal," kata Iwan, Jumat (21/10/2022).

Dia meminta para kades memanfaatkan forum ini dengan baik sebagai momentum untuk memperkaya ilmu.

"Semoga mereka bisa belajar dengan baik agar memberikan manfaat dan kemajuan kepada masyarakat yang dipimpin di masing-masing desa," ujarnya.

Kepala DPMD Kabupaten Bogor, Renaldi Yushab Fiansyah menambahkan Sekolah Pemerintahan Desa ini menjadi salah satu program Pancakarsa, yaitu Karsa Bogor Maju.

"Program ini dilaksanakan untuk membenahi data desa dengan implementasi data desa presisi agar mewujudkan pemerintahan desa yang presisi pula," jelas Renaldi.

Menurut dia, program ini merupakan salah satu penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Bogor terhadap desa-desa yang berhasil mendapat juara lomba desa.

Baca juga: Kolaborasi IPB University, Pemkab Bogor Ajak 165 Kades Terpilih Jalani Sekolah Pemerintah Desa

"Hanya desa berprestasi yang dapat mengikuti Sekolah Pemerintahan Desa yang dilaksanakan oleh IPB University," tuturnya.

Kades yang mengikuti program ini telah mengikuti seleksi melalui penelusuran minat dan bakat yang dilaksanakan oleh tim IPB University dan Pemerintah Kabupaten Bogor.

Baca juga: Dana Samisade Akan Segera Dicairkan, Iwan Setiawan Minta Seluruh Kades Segera Ajukan Proposal

Sekolah Pemerintah Desa tahun 2022 ini telah memasuki tahun kedua penyelenggaraannya.

Angkatan pertama telah dilaksanakan pada 2021 lalu dengan 120 peserta yang telah diwisuda terdiri dari 40 Kades, 40 operator spasial, dan 40 operator sosial.

"Tahun 2022 ini ada 165 peserta yang terdiri dari 55 Kades dari 38 kecamatan, dan masing-masing didampingi 1 operator sosial dan 1 operator spasial," tandas Renaldi.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved