Kebakaran

Kubah Masjid Jakarta Islamic Center yang Terbakar Ambruk Tak Kuat Menahan Lampu Kipas Seberat 1 Ton

Menurut keterangan Paimin, Masjid JIC terbakar hebat pada Rabu (19/10/2022) sekira pukul 15.15 usai Salat Asar berjamaah.

Editor: murtopo
Kominfotik Jakarta Utara
Atap Kubah Masjid JIC di Koja Jakarta Utara ambruk saat terjadinya kebakaran. 

Laporan wartawan wartakotalive.com, M Rifqi Ibnumasy

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, KOJA -  Api yang membakar Kubah Masjid Jakarta Islamic Center atau JIC menyebabkan runtuhnya kubah tersebut ke lantai satu dan dua.

Humas JIC Paimin Karim menduga, runtuhnya kubah dengan diameter 7.856 meter persegi tersebut karena terdapat beban 12 lampu kipas khas Betawi seberat satu ton.

"Dalam waktu kurang lebih setengah jam, kubah utama Masjid Raya JIC rubuh ke lantai dua dan reruntuhannya juga sampai ke lantai satu bangunan Masjid Raya JIC," kata Paimin, Rabu (19/10/2022) malam. 

"Cepatnya runtuh kubah juga mungkin disebabkan oleh beratnya beban 12 buah lampu kipas khas Betawi dengan berat 1 ton," sambungnya.

Menurut keterangan Paimin, Masjid JIC terbakar hebat pada Rabu (19/10/2022) sekira pukul 15.15 usai Salat Asar berjamaah.

Awalnya api terpusat pada sisi Barat kubah Masjid JIC, namun hembusan angin kencang menyebabkan api merembet ke sisi lain kubah tersebut.

Baca juga: Kubah Masjid Jakarta Islamic Center yang Terbakar Sedang dalam Proses Renovasi Senilai Rp 9,7 Miliar

Untuk memadamkan api, Dinas Penanggulangan Bencana Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta mengerahkan 21 unit mobil pemadam dengan 80 personel.

Kurang dari dua jam tepatnya pada pukul 17.00 WIB, api berhasil dipadamkan.

Baca juga: Kronologi Terbakarnya Kubah Masjid Jakarta Islamic Center di Jakarta Utara

Kebakaran pun dapat dikendalikan sehingga tidak merambat ke Gedung Sosial Budaya dan Gedung Bisnis.

"Tidak ada korban jiwa dari kebakaran ini. Beberapa dokumen dan perangkat komputer  dari Pengelola Masjid Raya JIC dan lembaga-lembaga agama Islam lainnya juga berhasil diamankan dan dipindahkan ke Perpustakaan di Gedung Sosial Budaya," pungkasnya. (m38)

 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved