Kabupaten Bogor

APBD Tahun 2022 Defisit Rp 570 Miliar, Ini Tanggapan Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan

APBD Tahun 2022 Defisit Rp 570 Miliar, Ini Tanggapan Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan

Penulis: Hironimus Rama | Editor: Dwi Rizki
Warta Kota
Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan ketika menghadiri Rapat Paripurna Rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bogor Tahun Anggaran 2022 di Gedung DPRD Kabupaten Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor pada Kamis (29/9/2022). 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, CIBINONG - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor menggelar Rapat Paripurna Rancangan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bogor Tahun Anggaran 2022 di Gedung DPRD Kabupaten Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor pada Kamis (29/9/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan, menyampaikan beberapa poin yang tertuang dalam dokumen APBD perubahan tahun 2022.

 

"Terdapat kegiatan yang bersumber dari penerimaan dana transfer seperti dana alokasi umum dan dana bagi hasil, baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi," kata Iwan, Kamis (29/9/2022).

Dia juga menyinggung penganggaran gaji dan tunjangan PPPK, perubahan pada belanja bagi hasil pajak dan retribusi daerah kepada desa, serta perubahan belanja bantuan keuangan kepada desa atau Samisade.

 

"Pendapatan daerah ditargetkan sebesar Rp 8,736 Triliun, belanja daerah ditargetkan Rp 9, 970 Triliun dan pembiayaan daerah ditargetkan sebesar Rp 684 Miliar," jelas Iwan.

 

Iwan menambahkan ada defisit belanja sebesar Rp 1,233 triliun yang disebabkan oleh kebutuhan belanja daerah yang melampaui pendapatan daerah.

Baca juga: Ini Momen Mesra Lesti Kejora dan Rizky Billar, Sehari Sebelum Laporkan KDRT

Baca juga: VIDEO : Lesty Kejora Lapor Polisi Diduga Alami KDRT

Namun defisit ini sebagian ditutup oleh pembiayaan atau SILPA (Sisa Lebih Penggunaan Anggaran) sebesar Rp 684 miliar.

 

"Jadi realnya defisit kita sebesar Rp 570 miliar. Ini yang kita minta dibahas supaya tidak defisit," jelasnya.

 

Dalam rapat paripurna ini, sekaligus dilakukan pengambilan sumpah janji pengganti antar waktu Anggota DPRD Kabupaten Bogor tahun 2019-2024.

 

Pengambilan sumpah dilakukan terhadap Yuyud Wahyudin, anggota DPRD Kabupaten Bogor Fraksi Persatuan Pembangunan Bangsa, menggantikan Ahmad Pusni, anggota DPRD Kabupaten Bogor karena meninggal dunia. 

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved