Cimanggis Depok

Kabar Kecamatan Cimanggis Depok, Kelurahan Pasir Gunung Selatan Maksimalkan Satgas PKDRT Cegah KDRT

Kelurahan Pasir Gunung Selatan (PGS) memaksimalkan peran Satuan Tugas (Satgas), Kelompok Kegiatan (Poktan) PKDRT, dan masyarakat.

Editor: murtopo
berita.depok.go.id
Camat Cimanggis Dody Setiawan, Satgas PKDRT Kelurahan PGS, Poktan PKDRT RW, serta Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Depok menghadiri kegiatan Penyuluhan Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan di Saung Sagalima RW 05 Kelurahan PGS, Kamis (22/09) . 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, CIMANGGIS -- Kecamatan Cimangis Depok fokus untuk melakukan upaya upaya Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT) di masyarakat.

Seperti langkah yang dilakukan oleh Kelurahan Pasir Gunung Selatan (PGS) yang memaksimalkan peran Satuan Tugas (Satgas), Kelompok Kegiatan (Poktan) PKDRT, dan masyarakat.

Seperti dilansir dari berita.depok.go.id  Lurah PGS, Sakti mengatakan, untuk memaksimalkan peran Satgas dan Poktan PKDRT serta masyarakat pihaknya memberikan Penyuluhan Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan di Saung Sagalima RW 05 Kelurahan PGS, Kamis (22/09) kemarin.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Camat Cimanggis Dody Setiawan, Satgas PKDRT Kelurahan PGS, Poktan PKDRT RW, serta Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Depok.

Selain juga dihadiri oleh Babinkamtibmas Kelurahan PGS yang menjelaskan mekanisme pelaporan kasus KDRT di wilayah.

“Lewat penyuluhan ini, Satgas dan Poktan PKDRT diharapkan dapat semakin mengoptimalkan perannya dalam penanganan kasus KDRT maupun kekerasan domestik di wilayah kerjanya,” ungkap Sakti.

Sementara itu, Kepala Seksi Kemasyarakatan Kelurahan PGS, Nur Eulis mengatakan, kegiatan penyuluhan yang diberikan merupakan lanjutan dari program pembentukan Poktan di tingkat RW.

“Kami telah membentuk Poktan di setiap RW dan roadshow pencegahan KDRT kepada seluruh RW. Penyuluhan ini diberikan kembali sebagai penguatannya,” ujarnya.

Baca juga: Kabar Kecamatan Tapos Depok, Wakil Wali Kota Bersama Kelompok Tani Lele Jati Panen Ikan di Jatijajar

Sementara itu Camat Cimanggis Dody Setiawan mengatakan, Satgas dan Poktan PKDRT harus mengetahui upaya pencegahan terjadinya Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Terlebih di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

“Satgas dan Poktan PKDRT juga harus ikut mensosialisasikan PKDRT agar tidak ada lagi kekerasan terhadap perempuan,” tutur Dody kepada berita.depok.go.id di kantor Kecamatan Cimanggis, Kamis (22/09/22).

Baca juga: Kabar Kecamatan Cimanggis, DKP3 Kota Depok Gelar Pangan Murah di Kantor Kecamatan Cimanggis

Dody menuturkan, masyarakat dapat berkoordinasi dengan Satgas PKDRT yang ada di wilayah untuk melakukan tindakan pencegahan KDRT.

Terlebih saat mendengar atau melihat potensi terjadinya kekerasan tersebut.

“Juga Satgas PKDRT dapat senantiasa berkoordinasi dengan pihak yang berwenang apabila menemukan tindakan KDRT diwilayahnya,” tambahnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved