Universitas Indonesia

Universitas Indonesia Dapat Predikat Akreditasi Unggul Sebagai Perguruan Tinggi

Predikat “Akreditasi Unggul” yang diraih Universitas Indonesia berdasarkan Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT

Editor: murtopo
Istimewa
Gedung Rektorat Universitas Indonesia 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM -- Universitas Indonesia (UI) mendapat predikat akreditasi unggul setelah melalui beberapa proses.

Seperti dilansir dari lama resmi Universitas Indonesia, Kepala Badan Penjamin Mutu Akademik (BPMA) Universitas Indonesia (UI), Prof. Sri Hartati Dewi Reksodiputro, Ph.D., menyampaikan bahwa Predikat “Akreditasi Unggul” yang diraih Universitas Indonesia berdasarkan Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT No. 406/SK/BAN-PT/Ak.KP/PT/VIII/2022 pada Selasa, 2 Agustus 2022, berlaku sampai dengan 27 Desember 2022.

“Syukur dan Alhamdulillah, UI dapat memeroleh peringkat akreditasi Unggul. Sebelumnya, UI memperoleh akreditasi A, dan dengan mengisi dan mengajukan Instrumen Suplemen Konversi (ISK) kepada BAN-PT dapat memperoleh akreditasi Unggul,” kata Prof. Sri.

Pada tahun 2017 UI sudah terakreditasi “A” sesuai dengan Surat Keputusan BAN-PT No 5239/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2017.

Kemudian berdasarkan Peraturan BAN-PT No. 2 tahun 2020 tentang Instrumen Suplemen Konversi dan komitmen untuk peningkatan penjaminan mutu akademik, UI mengajukan konversi dari peringkat akreditasi “A” menjadi peringkat akreditasi “Unggul.”

Konversi peringkat akreditasi yang diajukan tersebut dilakukan dengan pengisian Instrumen Suplemen Konversi (ISK) Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) 3.0.

ISK APT 3.0 merupakan instrumen akreditasi tambahan yang digunakan untuk konversi peringkat akreditasi perguruan tinggi yang diperoleh dengan instrumen 7 standar (peringkat akreditasi A, B, C) menjadi peringkat akreditasi baru dengan instrumen 9 standar (peringkat akreditasi Unggul, Baik Sekali, Baik).

Proses konversi akreditasi di UI dimulai dengan melakukan persiapan dan perencanaan penyusunan ISK Akreditasi Institusi Perguruan tinggi (AIPT) pada pertengahan tahun 2021 lalu.

Baca juga: Universitas Indonesia UI Membangun Nusa, Latih Warga NTB Manfaatkan Rumput Laut Jadi Produk UMKM

ISK untuk perguruan tinggi terdiri dari 8 butir penilaian, yaitu dosen tetap perguruan tinggi, dosen tidak tetap, Sistem Penjaminan Mutu Internal, Siklus Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), pelampauan SN-DIKTI, mekanisme penjaminan mutu menuju outcome based accreditation, akreditasi program studi, dan publikasi ilmiah.

Baca juga: Gelar Kongres Kedua, Paguyuban Daksinapati Universitas Indonesia Luncurkan Buku & Reuni Akbar

UI membentuk tim penyusun berdasarkan SK Rektor No. 2510/SK/R/UI/2021 dan SK Rektor No. 170/SK/R/UI/2022 mengenai Pembentukan dan Pengangkatan Tim Kerja Penyusun Instrumen Suplemen Konversi Peringkat Akreditasi Perguruan Tinggi Universitas Indonesia.

“UI berkomitmen untuk secara berkelanjutan meningkatkan penjaminan mutu akademik dengan mencapai peringkat akreditasi nasional Unggul dan akreditasi internasional untuk program studi,” ujar Prof. Sri.

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved