Berita UI

Universitas Indonesia UI Membangun Nusa, Latih Warga NTB Manfaatkan Rumput Laut Jadi Produk UMKM

Latih warga Sumbawa, NTB manfaatkan rumput Laut jadi produk UMKM. Hal ini dilakukan mahasiswa UI dalam program Universitas Indonesia membangun.

Penulis: dodi hasanuddin | Editor: dodi hasanuddin
Dok. Humas dan KIP UI
Universitas Indonesia UI Membangun Nusa, Latih Warga NTB Manfaatkan Rumput Laut Jadi Produk UMKM 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, BEJI - Universitas Indonesia UI Membangun Nusa, Latih warga NTB manfaatkan rumput Laut jadi produk UMKM.

Universitas Indonesia ingin memberikan manfaat kepada sesama. Sebab itu, UI menggelar program UI Membangun Nusa (UMN).

Kali ini Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI) memberikan manfaat kepada warga Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Baca juga: Ida Ayu Nyoman Titin Trisnadewi dan I Wayan Gede Krisna Arimjaya Mahasiswa UI yang Raih IPK Sempurna

Ada tiga titik pelaksaaan, yakni Desa Prajak, Desa Labuhan Sumbawa, dan Desa Labuan Aji, Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kemudian ada tiga agenda yang dilaksanakan dalam program ini, yaitu Community Empowerment, Trash to Cash, dan Rumah Baca Nusantara.

Di Desa Prajak, Tim UIMN berfokus pada kegiatan Community Empowerment dengan memanfaatkan rumput laut sebagai sumber daya alam yang melimpah di Desa Prajak.

Bahan baku rumput laut tersebut diolah menjadi produk rumput laut krispi, sehingga produk ini diharapkan menjadi salah satu makanan olahan yang semakin dikenal dan menjadi ciri khas baru di Desa Prajak ataupun Kabupaten Sumbawa.

Dilaksanakan dalam Lima Tahap

Tahap pertama, recollecting, yaitu dengan mencari tempat produksi dan pasar; bernegosiasi dengan mitra dan tempat oleh-oleh untuk kerja sama; serta menjembatani kebutuhan dan perizinan panitia.

Pada persiapan produk, tahapan dimulai dengan membeli rumput laut, mempersiapkan alat dan bahan, mengajak masyarakat terlibat secara langsung, trial produk dan demo pembuatan produk serta presentasi kepada stakeholder dan partisipan.

Baca juga: Universitas Indonesia UI Lakukan Terebosan Baru Wisuda Jadi Doktor Rieke Diah Pitaloka Ditemani Anak

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved