Harga BBM Naik

Tolak Kenaikan BBM, Massa Buruh Long March-Dorong Motor dari Jalan Tole Iskandar-Balaikota Depok

Tolak Kenaikan Harga BBM, Ratusan Buruh Long March-Dorong Sepeda Motor dari Jalan Tole Iskandar-Kantor Wali Kota Depok

Penulis: Cahya Nugraha | Editor: Dwi Rizki
Warta Kota
Massa Buruh yang tergabung dalam Forum Buruh Depok menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Wali Kota Depok, Jalan Margonda Raya, Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat pada Kamis (15/9/2022). 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, DEPOK - Tolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, Forum Buruh Kota Depok, Jawa Barat menggelar aksi untuk rasa.

Mereka menggelar demo di dua titik lokasi, yakni kantor Wali Kota Depok dan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok. 

 

Demo yang digelar secara damai tersebut dibuka dengan aksi long march mendorong sepeda motor, mulai dari Jalan Tole Iskandar sampai dengan Gerbang Balai Kota Depok.

Dalam aksinya mereka menyampaikan tuntutan dan pernyataan sikap secara bersama -sama kepada Wali Kota Depok terkait kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang ditetapkan pemerintah dan tetap diberlakukannya Undang-Undang Cipta Kerja (UUCK) pasca Putusan Inkonstitusional bersyarat dari MK RI. 

 

Maka dari itu sebanyak 10 Buruh perwakilan dari 9 federasi diundang masuk untuk melakukan audiensi oleh pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Depok

 

"Naiknya harga bahan pokok dan komoditas lainnya, sementara upah pekerja nyaris tidak ada kenaikan dalam tiga tahun terakhir, bahkan UMK pada tahun 2022 hanya naik sebesar 1,09 persen, berdasarkan keputusan Kementerian Ketenagakerjaan," ungkap Ketua Serikat Pekerja Kota Depok, Wido Pratikno. 

 

Sementata itu Wido mengungkapkan kondisi lain, di mana perusahaan yang sedang melakukan pemulihan dari imbas Covid-19 makin terbebani biaya sebagai akibat kenaikan BBM dan akan menjadi alasan bagi perusahaan menyatakan tidak mampu lagi menaikkan upah pekerja. 

Baca juga: Hanya Tersisa Tiga Personil di Usianya yang ke 15, Rizal Armada: Maju Terus Pantang Mundur

Baca juga: Tiket Pertandingan Persija Vs Madura United untuk Kategori I Ludes Terjual, Sisa Hanya Kategori VIP

"Penghasilan pekerja meski ada Bantuan Subsidi Upah (BSU) itu belum mampu mengatasi kesulitan ekonomi pekerja dan keluarganya, mengingat tingkat inflasi mendekati 5 % sementara kenaikan upah berkisar 0,5

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved