Bencana Alam

Hujan Deras Mengguyur Sepanjang Kamis (8/9/2022), Ada 7 Titik Tanah Longsor Terjadi di Kota Bogor

Hujan Deras Mengguyur Kota Bogor Sepanjang Kamis (8/9/2022), BPBD Kota Bogor Catat Tujuh Titik Tanah Longsor

Penulis: Cahya Nugraha | Editor: Dwi Rizki
Warta Kota
Tanah Longsor di Bantarjati, Bogor Utara, Kota Bogor pada Jumat (9/9/2022) 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, BOGOR - Hujan deras yang disertai dengan angin kencang pada Kamis (8/9/2022) memicu tanah longsor di sejumlah wilayah Kota Bogor, Jawa Barat.

 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Theofilo Patrocinio mengungkapkan pihaknya mencatat ada sebanyak tujuh titik tanah longsor di wilayah Kota Bogor.

Antara lain, Bogor Timur ada sebanyak dua titik, Bogor Utara sebanyak tiga titik, Bogor Barat sebanyak satu titik dan Tanah Sereal sebanyak satu titik.

Theo menuturkan kejadian tanah longsor yang terjadi di Sukasari, Bogor Timur menyebabkan tanah dengan panjang 25 meter dan tinggi 20 meter menimpa rumah yang berada di bawahnya.

Kejadian longsor ini juga membawa material pohon jenis Kicopong dan beberapa pohon kecil lainnya. 

"Di lokasi tersebut sudah kita lakukan assessment dan pemasangan terpal untuk antisipasi terjadi longsor susulan, sementara itu pohon yang terbawa longsoran sudah kita lakukan pemotongan di lokasi kejadian," jelas Theo. 

 

Kemudian tanah longsor yang terjadi di Baranangsiang, Bogor Timur menyebabkan tanah dengan panjang 15 meter dan 10 meter longsor, sehingga menutupi akses saluran pembuangan air di sekitar belakang masjid Raya Kota Bogor. 

 

Tanah longsor yang terjadi di Tegal Gundil, Bogor Utara menyebabkan tanah dengan panjang 15 meter dan tinggi 4 meter itu harus menimpa atam milik warga, akibatnya 3 ruangan jebol sebab tertimpa material longsoran tanah

Baca juga: Kawal Demo Tolak Kenaikan BBM di Ibu Kota, Polda Metro Jaya Kerahkan 8.000 Lebih Personel

Baca juga: Evakuasi Truk Terperosok di Saluran Air Jagakarsa Sulit Dilakukan, Damkar Jaksel Turun Tangan

"Korban menderita atas nama Udin yang rumahnya jebol akibat tertimpa longsoran, personil BPBD sudah kita lakukan pemasangan terpal untuk antisipasi longsor susulan," papar Theo. 

 

Tanah longsor juga menimpa belakang bangunan warga Kota Bogor, tepatnya di Cilendek Barat, Bogor Barat yang menyebabkan tanah longsor dengan panjang 5 meter dan tinggi 3 meter. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved