Depok Hari Ini

Dampak Harga BBM Naik, Pemkot Depok Siapkan Dana Rp 4,9 Miliar Untuk Bantuan Langsung Tunai

Pemkot Depok siapkan dana alokasi umum di triwulan ke 4 sebesar 2 persen yakni sebesar Rp 4,9 miliar untuk bantalan sosial agar inflasi rendah

TribunnewsDepok.com/Vini Rizki Amelia
Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono saat memberikan sambutan dalam Rapat Paripurna HUT ke 23 DPRD Kota Depok di Gedung DPRD Kota Depok, Senin (5/9/2022). 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, DEPOK - Buntut dari kebijakan Pemerintah Pusat yang memutuskan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) naik pada akhir pekan kemarin membuat Pemerintah Kota Depok menindak lanjuti dengan beberapa hal.

Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono mengatakan, sebagai upaya penanggulangan dampak inflasi daerah dan kenaikan BBM, Pemkot Depok berencana akan memberikan bantalan sosial.

Bantal sosial tersebut, lanjut Imam akan diberikan sebanyak 2.000 keluarga penerima manfaat (KPM).

“Masing-masing penerima akan mendapatkan Rp 150.000 setiap bulannya selama tiga bulan yakni dari Oktober-Desember,” ujar Imam kepada TribunnewsDepok.com, Rabu (7/9/2022).

Baca juga: Presiden Jokowi Pernah Bilang BLT Tidak Mendidik, Politisi PKS Depok: Tapi Tetap Jadi Kebijakan

Mereka yang menerima dikatakan Imam adalah warga dengan kategori miskin, lansia, disabilitas, dan Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) seperti tenaga atau relawan sosial di lapangan.

“Ditambah dengan 4.000 KPPM, 2.000 sopir angkot, dan 2.000 sopir ojol (ojek online) yang diambil dari PT Grab dan Gojek,” kata Imam.

Berdasarkan informasi dari PT Pos, Imam mengatakan total jumlah penerima bantuan sebanyak 85.191 KPM dan penyalurannya akan dilakukan oleh PT Pos.

Baca juga: Terbukti Rekayasa Pembunuhan Brigadir J, Ferdy Sambo Bakal Jalani Pemeriksaan Pakai Lie Detector

“Data penerima diambil dari DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) pusat untuk BLT (bantuan langsung tunai) BBM Rp 150.000 x 2 bulan (September-Oktober), total Rp 500.000,” ujar Imam.

Anggaran yang diberikan tersebut dikatakan Imam berasal dari Pemerintah Pusat. Sementara Pemkot Depok dikatakannya memberikan dua persen untuk bantalan sosial.

“Arahan dari pusat, semua Pemda untuk DAU (dana alokasi umum) Triwulan 4 diberikan dua persen untuk bantalan sosial menjaga agar inflasi tetap rendah. Untuk Kota Depok dua persen itu yakni Rp 4,9 miliar,” jelasnya.

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved