Penghargaan KONI

Eddie Mardjoeki Nalapraya Terima Penghargaan Lifetime Achievement Award in Sports dari KONI Pusat

Lifetime Achievement Award in Sports itu diberikan kepada Eddie Nalapraya yang dinilai banyak berkontribusi di bidang olahraga khususnya Pencak Silat

Penulis: Alfarizy Ajie Fadhilah | Editor: Umar Widodo
Tribunnews/Alfarizy AF
Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman saat memberikan penghargaan Lifetime Achievement Award in Sports kepada Mayjen TNI (Purn) Eddie Mardjoeki Nalapraya, di kawasan Bogor, Jawa Barat, Selasa (6/9/2022) (Tribunnews.com/Alfarizy AF)   

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Alfarizy AF

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, BOGOR - Satu diantara legenda hidup olahraga nasional, Mayjen TNI (Purn) Eddie Mardjoeki Nalapraya mendapat penghargaan dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Penghargaan bertajuk KONI Lifetime Achievement Award in Sports itu diberikan kepada Eddie Nalapraya yang dinilai banyak berkontribusi di bidang olahraga khususnya Pencak Silat.

Pria kelahiran Tanjung Priok, 6 Juni 1931 yang juga menyandang gelar 'Bapak Pencak Silat Dunia' itu menerima penghargaan yang diberikan langsung oleh Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman.

"Ini merupakan apresiasi kami kepada keras bapak (Eddie Nalapraya) untuk memasyarakatkan pencak silat ke seluruh dunia," ujar Marciano di kediaman Eddie Nalapraya di kawasan Bogor, Jawa Barat, Selasa (6/9/2022).

"Terimakasih atas semangat Bapak yang selalu menjadi inspirasi kami semua. Mari kita contoh keteladanan beliau dalam mencintai pembinaan olahraga khususnya pencak silat," lanjutnya.

Eddie Nalapraya yang sempat menduduki jabatan Wakil Gubernur DKI Jakarta medio 1984-1987 itu pun menerima penghargaan itu dengan penuh haru.

Mantan Ketum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) 1981-2003 itu mengatakan, ini adalah kali pertama ada pimpinan KONI yang mengunjunginya.

"Bagi saya, adalah suatu kewajiban untuk melestarikan budaya bangsa. Kehormatan bagi saya, pertama kali saya didatangi oleh pimpinan KONI Pusat, terima kasih banyak," ujar Eddie Nalapraya yang tak kuasa menahan air matanya menetes.

Kecintaan Eddie kepada pencak silat sudah tumbuh sejak dahulu kala. Sebagai seorang pejuang yang mempertahankan kemerdekaan Indonesia pada Agresi Militer Belanda 1947.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved