Berita Nasional

Pangkas 60 Persen Subsidi, MTI Nilai DPR Setengah Hati Dukung Pengembangan Angkutan Umum

Pangkas 60 Persen Subsidi, Masyarakat Transportasi Indonesia Nilai DPR Setengah Hati Dukung Pengembangan Angkutan Umum

Editor: Dwi Rizki
Warta Kota
Biskita Trans Pakuan Kota Bogor 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, JAKARTA - Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) menilai, Komisi V DPR RI tidak mendukung pengembangan angkutan umum perkotaan.

Buktinya, mereka akan memangkas 60 persen anggaran subsidi operasional angkutan umum perkotaan di 11 kota.

 

“Nampaknya anggota DPR RI masih setengah hati untuk memberikan dukungan pengembangan angkutan umum penumpang perkotaan,” ujar Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat Djoko Setijowarno berdasarkan keterangannya pada Senin (5/9/2022).

 

Djoko menilai, legislator juga kurang paham terhadap manfaat angkutan umum bagi mobilitas yang hemat energi, ketimbang membiarkan transportasi dalam jaringan (daring) beroperasi.

Kata dia, angkutan umum penumpang dapat segera diperluas dan diberikan subsidi operasional.

“Bukannya seperti sekarang, pemerintah telah mengembangkan angkutan umum perkotaan dengan skema pembelian layanan (buy the service) di 11 kota, justru anggaran yang diajukan sekitar Rp 1,3 triliun akan dipangkas hanya Rp 500 miliar tahun anggaran 2023 oleh Komisi V DPR RI,” kata Djoko.

 

Djoko merinci, 11 kota yang dimaksud adalah Medan (Trans Metro Deli), Palembang (Trans Musi Jaya), Bogor (Trans Pakuan), Bandung (Trans Metro Pasundan), Purwokerto (Trans Banyumas), Yogyakarta (Trans Yogya), Surakarta (Batik Solo Trans).

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved