Pemilu 2024

Ciptakan Pemilu Berkualitas, Bawaslu Minta Masyarakat Aktif Awasi Tahapan Pemilu 2024

Ciptakan Pemilu Berkualitas, Bawaslu Kabupaten Bogor Minta Masyarakat Aktif Awasi Tahapan Pemilu 2024

Penulis: Hironimus Rama | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Ilustrasi Pilkada Serentak 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, CIBINONG - Seiring dimulainya tahapan Pemilu 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bogor meminta partisipasi masyarakat untuk turut mengawasi proses pesta demokrasi ini.

 

Koordinator Divisi Hukum Data dan Informasi Bawaslu Kabupaten Bogor, Naotalia Apapyo berharap masyarakat dapat berperan aktif mengawasi tahapan dan penyelenggaraan pemilu 2024.

 

“Ini bukannya pesta penyelenggara saja, bukan pestanya KPU dan Bawaslu, tapi ini pesertanya seluruh warga Indonesia karena pesta harus meriah," kata Naotalia, Jumat (2/9/2022).

 

Dia melanjutkan peran serta aktif dari masyarakat dalam pengawasan partisipatif sangat penting agar pesta demokrasi betul-betul berintegritas dan berkualitas.

 

"Kita tidak hanya bicara kuantitas, tapi juga kualitas. Sebagai pemilih, kita bukan hanya mencoblos pada saat hari H atau memberikan hak konstitusinya saja, tapi juga ikut mengawasi pada saat pelaksanaan hari H tersebut,” imbuhnya.

 

Naotalia mengungkapkan saat ini pihaknya fokus pada pencegahan, pengawasan, dan penindakan pelanggaran Pemilu.

 

“Fokus kami saat ini pada pencegahan, pengawasan dan penindakan pelanggaran Pemilu, termasuk sosialisasi yang terus berjalan. Mengawasi tahapan Pemilu yang dilakukan oleh KPU itu juga tugas dan fungsi Bawaslu,” ungkap Naotalia.

 

Dia juga menjelaskan hingga saat ini belum ada perekrutan Panitia Pengawas Pemilu (PPP) di tingkat kecamatan. Infirmasi perekrutan PPP nanti akan disampaikan lewat media.

Baca juga: Keuangan Belum Stabil, Angelina Sondakh Menangis Lihat Putra Tercintanya Beli Sepatu Bola Diskonan

Baca juga: Miliki DPT Terbesar di Indonesia, Ummi Ungkap 43 Persen Pemilih di Kabupaten Bogor Kaum Milenial

"Saya menghimbau sahabat Bawaslu untuk memfollow media sosial Bawaslu Kabupaten Bogor, mulai dari Instagram, Twitter, Facebook dan YouTube untuk mendapatkan informasi terupdate dari Bawaslu Kabupaten Bogor," tutur Naotalia.

 

Untuk diketahui, Pemerintah telah menjadwal pelaksanaan Pemilu dan Pilkada serentak pada tahun 2024, dimana Pemilu diselenggarakan pada tanggal 14 Februari dan Pilkada serentak pada tanggal 27 November 2024. 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved