Pemain Naturalisasi

Resmi Komisi X DPR RI Setujui Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh

Jordi Amat saat ini memperkuat klub Malaysia, Johor Darul Ta'zim. Sementara, Sandy Walsh bermain untuk klub Belgia KV Mechelen.

Editor: Umar Widodo
pssi.org
Komisi X DPR RI resmi menyetujui naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh untuk bergabung dengan timnas sepak bola Indonesia dan tinggal menunggu surat keputusan resmi dari Presiden RI 

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, JAKARTA - Komisi X DPR RI resmi menyetujui naturalisasi dua pemain yakni Jordi Amat dan Sandy Walsh. Keputusan pada rapat kerja Komisi X dengan Menpora Zainudin Amali dan PSSI di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (1/9/2022).

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan bersyukur bahwa Komisi X menyetujui proses naturalisasi  Jordi Amat dan Sandy Walsh. Apalagi pada awal pekan lalu, Komisi III DPR RI juga telah menyetujui hal ini.

“Alhamdulillah terima kasih untuk pak Presiden Joko Widodo,  pak Menpora, Komisi X, Komisi III, dan semua pihak yang membantu proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh. Semoga dengan bergabungnya mereka, menambah kekuatan timnas Indonesia,” kata Iriawan.

Pada raker dengan Komisi X DPR RI , Ketum PSSI didampingi oleh Waketum Iwan Budianto, Sekjen Yunus Nusi, Dirtek Indra Sjafri, dan lain-lain.

Ketum PSSI raker Komisi X DPR
Ketum PSSI Mochamad Iriawan mengikuti raker bersama Kemenpora dan Komisi X DPR RI membahas naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh

Seusai tahap ini, maka proses naturalisasi tinggal sedikit lagi. Jordi Amat dan Sandy Walsh hanya perlu menunggu surat keputusan Presiden Jokowi, lalu mereka akan mengucapkan sumpah WNI di Kantor Kemenkumham.

“Saya ucapkan selamat, sebentar lagi jadi WNI. Semoga Sandy dan Jordi bisa membawa timnas Indonesia berprestasi di kompetisi mendatang. Publik sepak bola Indonesia sangat berharap Sandy dan Jordi bisa memberi yang terbaik bagi prestasi Timnas Indonesia," kata Syaiful Huda, Ketua Komisi X DPR RI.

Jordi Amat saat ini memperkuat klub Malaysia, Johor Darul Ta'zim. Sementara, Sandy Walsh bermain untuk klub Belgia KV Mechelen.

Persetujuan Komisi III DPR RI

Sebelumnya, dua pemain calon naturalisasi Indonesia, Jordi Amat dan Sandy Walsh baru saja mendapatkan persetujuan dari Komisi III DPR RI untuk bisa mendapatkan kewarganegaraan Indonesia, Senin (29/8/2022).

Dengan begitu, Jordi Amat dan Sandy Walsh tinggal melanjutkan proses naturalisasi selanjutnya.

Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward Omar Sharif Hiariej mengatakan setidaknya butuh waktu dua pekan lagi untuk Sandy Walsh dan Jordi Amat untuk sah menjadi Warga Negara Indonesia.

Dengan demikian, kedua pemain tersebut bisa membela Timnas Indonesia saat melakukan laga uji coba FIFA Match day kontra Curacao pada 24 September di Stadion Bandung Lautan Api dan Stadion 27 September di Jakarta International Stadium (JIS).

Dua calon pemain naturalisasi yang telah menjalani serangkaian tes dan wawancara Sandy Walsh (Belgia) dan Jordi Amat (Spanyol) sudah ikut berlatih dengan timnas di Bandung
Dua calon pemain naturalisasi yang telah menjalani serangkaian tes dan wawancara Sandy Walsh (Belgia) dan Jordi Amat (Spanyol) sudah ikut berlatih dengan timnas di Bandung (pssi.org)

“Jadi, yang pertama setelah pertimbangan ini kita telah dengar bersama anggota Komisi III DPR menyetujui pemberian warga negara kepada dua orang tersebut, kemudian proses administrasi membutuhkan waktu sekitar dua minggu,” kata Wamenkumham Edward Omar Sharif Hiariej di DPR RI, Jakarta, Senin (29/8/2022).

“Kami akan push. Berarti kan tanggal 24 lebih dari dua minggu. Kami berharap tanggal 24 itu sudah bisa main atas nama Indonesia. Saya berjanji untuk setelah ini akan memfollow-up kepada Mensesneg karena proses selanjutnya di Sekretariat Negara,” jelasnya.

Soal proses selanjutnya, Wamenkumham Edward Omar menjelaskan tajapan setelah ini giliran ke Mensesneg terus ke Presiden untuk mendapatkan Surat Keputusan Presiden.

Setelah itu, Jordi Amat dan Sandy Walsh akan diambil sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

“Nanti ada proses administrasi yang harus kita selesaikan dalam waktu dekat ini. Jadi nanti dari sini ke Mensesneg ke bapak Presiden untuk mendapatkan keputusan Presiden. Lalu yang terakhir adalah penyumpahan. Kalau sudah disumpah jadi warga negara Indonesia nanti bisa bermain untuk Timnas Indonesia. Jadi kita berharap secepatnya dalam dua minggu kedepan,” jelasnya

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved