Pemain Naturalisasi

Resmi Jordi Amat dan Sandy Walsh Dapat Persetujuan dari Komisi III DPR RI Sebagai WNI

Jordi dan Sandy bisa membela Timnas Indonesia saat melakukan laga uji coba FIFA Match day kontra Curacao pada 24 September

Editor: Umar Widodo
pssi.org
Dua calon pemain naturalisasi Sandy Walsh (Belgia) dan Jordi Amat (Spanyol) resmi sudah mendapatkan persetujuan dari Komisi III DPR RI untuk mendapatkan Kewarganegaraan Indonesia 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, JAKARTA – Dua pemain calon naturalisasi Indonesia, Jordi Amat dan Sandy Walsh baru saja mendapatkan persetujuan dari Komisi III DPR RI untuk bisa mendapatkan kewarganegaraan Indonesia.

Dengan begitu, Jordi Amat dan Sandy Walsh tinggal melanjutkan proses naturalisasi selanjutnya.

Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward Omar Sharif Hiariej mengatakan setidaknya butuh waktu dua pekan lagi untuk Sandy Walsh dan Jordi Amat untuk sah menjadi Warga Negara Indonesia.

Dengan demikian, kedua pemain tersebut bisa membela Timnas Indonesia saat melakukan laga uji coba FIFA Match day kontra Curacao pada 24 September di Stadion Bandung Lautan Api dan Stadion 27 September di Jakarta International Stadium (JIS).

Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward Omar Sharif Hiariej 
Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward Omar Sharif Hiariej bersama Menpora Zainudin Amali saat diwawancarai usai rapat kerja terkait proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh bersama Komisi III DPR RI di Nusantara II, DPR RI, Jakarta, Senin (29/8/2022). Tribunnews/Abdul Majid

“Jadi, yang pertama setelah pertimbangan ini kita telah dengar bersama anggota Komisi III DPR menyetujui pemberian warga negara kepada dua orang tersebut, kemudian proses administrasi membutuhkan waktu sekitar dua minggu,” kata Wamenkumham Edward Omar Sharif Hiariej di DPR RI, Jakarta, Senin (29/8/2022).

“Kami akan push. Berarti kan tanggal 24 lebih dari dua minggu. Kami berharap tanggal 24 itu sudah bisa main atas nama Indonesia. Saya berjanji untuk setelah ini akan memfollow-up kepada Mensesneg karena proses selanjutnya di Sekretariat Negara,” jelasnya.

Baca juga: Shin Tae-yong Berharap Jordi Amat dan Sandy Walsh Bisa Bela Timnas di Kualifikasi Piala Asia 2023

Baca juga: Jordi Amat dan Sandy Walsh Akan di Wawancara BIN untuk Proses Naturalisasi

Soal proses selanjutnya, Wamenkumham Edward Omar menjelaskan tajapan setelah ini giliran ke Mensesneg terus ke Presiden untuk mendapatkan Surat Keputusan Presiden.

Setelah itu, Jordi Amat dan Sandy Walsh akan diambil sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

“Nanti ada proses administrasi yang harus kita selesaikan dalam waktu dekat ini. Jadi nanti dari sini ke Mensesneg ke bapak Presiden untuk mendapatkan keputusan Presiden. Lalu yang terakhir adalah penyumpahan. Kalau sudah disumpah jadi warga negara Indonesia nanti bisa bermain untuk Timnas Indonesia. Jadi kita berharap secepatnya dalam dua minggu kedepan,” jelasnya.

 

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved