Kriminalitas

Polantas Gadungan Tersangka Penipuan Ratusan Juta Ngaku Saat Sekolah Bercita-cita Jadi Polisi

Menurut Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara AKBP Febri Isman Jaya, polisi gadungan itu menawarkan ke korban mobil lelangan seharga Rp 506 juta.

Penulis: M. Rifqi Ibnumasy | Editor: murtopo
Wartakotalive.com/M Rifqi Ibnumasy
Ibrahim pelaku penipuan dengan modus menjadi anggota polisi diamankan di Mapolsek Metro Jakarta Utara, Senin (15/8/2022). 

Laporan wartawan wartakotalive.com, M Rifqi Ibnumasy

TRIBUNNEWSDEPOK.COM, TANJUNG PRIOK - Polisi gadungan tersangka penipuan jual beli mobil ditangkap petugas kepolisian dari Polres Jakarta Utara.

Tersangka yang belakangan diketahui bernama itu Ibrahim itu mengaku semasa sekolahnya bercita-cita jadi polisi.

Saatmelancarkan aksi penipuannya Ibrahim mengenakan seragam polisi Korps Lalu Lintas (Korlantas) untuk meyakinkan korbannya.

Dengan modus menjadi seorang Korlantas pengawalan salah satu kementerian, ia menawarkan mobil hasil lelangan kepada korbannya.

"Dulu waktu masih sekolah pernah punya cita-cita jadi polisi," kata Ibrahim saat diamankan di Mapolsek Metro Jakarta Utara, Senin (15/8/2022).

Ibrahim ditangkap Satuan Reskrim Polres Metro Jakarta Utara pada 1 Agustus 2022 lalu.

Menurut Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara AKBP Febri Isman Jaya, awalnya pelaku menawarkan ke korban mobil lelangan dengan harga Rp 506 juta.

"Dari keterangan korban ini awalnya dijanjikan akan diberikan kendaraan hasil lelangan. Dari informasinya beliau katanya kerja di salah satu kementerian, dia ngakunya sebagai pengawal," kata Febri.

Setelah melakukan komunikasi, korban mentransfer uang dengan jumlah sesuai permintaan dan dijanjikan akan mendapatkan mobil sport Alphard atau Fortuner.

"Dan sampai saat ditagih-tagih terus dari pelaku mulai menghindar. Untuk itu korban melapor ke Polres Jakarta Utara," ungkapnya.

Saat dilakukan penangkapan, pelaku sedang berada di dalam kosan di wilayah Depok, Jawa Barat tanpa mengenakan atribut kepolisian.

Baca juga: Polisi Gadungan Ugal-ugala di Jalur Puncak Arah Jakarta, Kelabui Petugas dengan Plat Nopol Palsu

Namun di tempat itu, polisi menemukan seragam kepolisian lengkap dengan atributnya yang dipakai untuk melancarkan aksi kejahatannya.

"Saat dilakukan penangkapan yang bersangkutan tidak memakai atribut Polisi. Ditangkap di tempat beliau ngekos dan ada seragam polisi di situ dan atribut-atribut polisi seperti itu," ujarnya.

Baca juga: Ibrahim Cuma Modal Seragam dan Pistol, Polisi Gadungan Ini Tipu Korbannya hingga Ratusan Juta

Namun menurut Febri, uang ratusan juta hasil penipuan yang telah ditransfer ke rekening pelaku telah ludes untuk foya-foya.

"Dari informasi baru kali ini digunakan. Pelaku dikenakan jeratan Pasal 378-372 dengan ancaman 4 tahun penjara," pungkasnya. (m38)

 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved